Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Hari Bumi (Earth Day) 22 April

"... Pada tanggal 22 April 1970, Hari Bumi diadakan, salah satu yang paling
kejadian luar biasa dalam sejarah demokrasi. . . "
-American Heritage Magazine, Oktober 1993


Hari Bumi adalah hari dirancang untuk menginspirasi kesadaran dan apresiasi terhadap lingkungan Bumi. Didirikan oleh Senator AS Gaylord Nelson sebagai pengajar di bidang lingkungan yang diselenggarakan pada tanggal 22 April 1970. Hari Bumi dirayakan pada musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di Belahan Selatan. Banyak masyarakat merayakan Earth Week, satu minggu seluruh kegiatan difokuskan pada isu-isu lingkungan. Yang pertama berasal Earth Week di Philadelphia pada tahun 1970 (sejak April 16 dan mencapai puncaknya pada Hari Bumi, 22 April. Earth Day Network, sebuah kelompok yang ingin menjadi koordinator Hari Bumi secara global, menegaskan bahwa Hari Bumi sekarang diamati 22 April di hampir setiap negara di dunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang dirayakan pada tanggal 5 Juni di negara yang berbeda setiap tahun, adalah ketaatan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa di bidang lingkungan.

Peringatan Hari Bumi Pertama

US Senator Gaylord Nelson dari Wisconsin mengumumkan gagasannya untuk mengajar secara nasional di hari lingkungan dalam pidato kepada kelompok konservasi bibit di Seattle pada tanggal 20 September 1969, dan kemudian kembali enam hari kemudian di Atlantic City untuk pertemuan United Auto Workers. Senator Nelson berharap bahwa kecaman akar rumput tentang isu-isu lingkungan bisa membuktikan ke Washington, DC betapa tertekan Amerika berada di setiap konstituensi. Senator Nelson mengundang perwakilan Republik Paul N "Pete" McCloskey untuk melayani sebagai co-chair dan mereka yang tergabung organisasi non-profit yang baru, Environmental Teach-In, Inc., untuk merangsang partisipasi di seluruh negeri. Keduanya terus memberikan pidato tersebut.

Pada tanggal 29 September 1969, dalam sebuah artikel halaman depan York Times Baru, Gladwin Hill menulis:

"Rising concern about the "environmental crisis" yang menyapu kampus di negara ini dengan intensitas yang mungkin pada cara untuk menutupi ketidakpuasan siswa selama perang di Vietnam ... sebuah hari nasional kepatuhan terhadap masalah lingkungan, analog dengan demonstrasi massal Vietnam, yang direncanakan untuk musim semi berikutnya, ketika nationwide environmental 'teach-in' ... dikoordinasikan dari kantor Senator Gaylord Nelson ". Denis Hayes, seorang mahasiswa lulusan Harvard, baca artikel NYT dan melakukan perjalanan ke Washington untuk terlibat. Ia telah menjadi organisasi kemahasiswaan dan seorang aktivis kampus di Stanford University di distrik McCloskey dan mana 'teach-in' anggota dewan Paul Ehrlich adalah seorang profesor.. Dia pikir dia mungkin diminta untuk mengatur Boston. Sebaliknya, Nelson akhirnya meminta Hayes untuk drop out dari Harvard, merakit staf, dan langsung upaya untuk mengatur Amerika Serikat. Hayes akan pergi untuk menjadi seorang advokat lingkungan yang diakui secara luas..

Saran Nelson sulit untuk melaksanakan, sebagai gerakan Hari Bumi terbukti tidak ada badan otonom dengan pusat yang mengatur. Senator Nelson menegaskan, itu hanya tumbuh sendiri:

"Hari Bumi bekerja karena respon spontan di tingkat akar rumput. Kami tak punya waktu atau sumber daya untuk mengatur 20 juta demonstran dan ribuan sekolah dan masyarakat lokal yang telah berpartisipasi. Itu adalah hal yang luar biasa tentang Hari Bumi. Ini diatur sendiri."


Pada tanggal 22 April 1970, Hari Bumi menandai awal gerakan lingkungan modern. Sekitar 20 juta warga Amerika berpartisipasi. Ribuan perguruan tinggi dan universitas protes terorganisir terhadap kerusakan lingkungan. Kelompok yang telah berjuang melawan tumpahan minyak, polusi pabrik dan pembangkit listrik, kotoran baku, kesedihan beracun, pestisida, pembangunan dan rehap jalan tol (bebas hambatan), hilangnya padang gurun, dan kepunahan satwa liar tiba-tiba menyadari bahwa mereka berbagi nilai-nilai umum.

Cakupan Media Hari Bumi pertama adalah Laporan Khusus One-Hour Prime-time CBS News disebut "Hari Bumi: Sebuah Pertanyaan Hidup," dengan wartawan melaporkan dari belasan kota besar di seluruh negeri, dan diriwayatkan oleh Walter Cronkite (yang latar belakang adalah Earth Week Committee of Philadelphia's logo). Segmen terbesar dari laporan khusus (20 menit dari program 60-menit) difokuskan pada Earth Day di Philadelphia.

Hari Bumi 1970 di Philadelphia

Hari Bumi 1970 di Philadelphia melahirkan Earth Week, April 16-22. Buku itu diciptakan oleh komite dari siswa (kebanyakan dari University of Pennsylvania), profesional, pemimpin organisasi akar rumput dan pengusaha peduli lingkungan dan terinspirasi oleh panggilan Senator Gaylord Nelson untuk pengajar lingkungan nasional. The Earth Week Committee of Philadelphia menyimpulkan bahwa hari hanya satu membaktikan terhadap lingkungan tidak akan memberikan cukup waktu dan ruang untuk melukis sebuah gambaran yang komprehensif tentang isu-isu lingkungan yang dihadapi umat manusia. Walaupun semua kegiatan mereka akan membangun menuju klimaks perayaan Hari Bumi 22 April, ada juga akan menjadi minggu seluruh peristiwa di minggu sebelumnya.

Earthday 1970 di New York City

Pada tanggal 29 September 1969, di sebuah artikel panjang di halaman depan New York Times, Gladwin Hill menulis:

"Rising concern about the "environmental crisis" yang menyapu kampus di negara ini dengan intensitas yang mungkin pada cara untuk menutupi ketidakpuasan siswa selama perang di Vietnam ... sebuah hari nasional memperhatikan masalah lingkungan, analog dengan demonstrasi massal Vietnam, yang direncanakan untuk musim semi berikutnya, ketika nationwide environmental 'teach-in' ... dikoordinasikan dari kantor Senator Gaylord Nelson direncanakan ...."[ 9]

Pada musim dingin tahun 1969 sekelompok siswa bertemu di Columbia University untuk mendengar Denis Hayes berbicara tentang rencananya untuk Hari Bumi. Di antara kelompok itu Fred Kent, Pete Grannis, dan Kristin dan William Hubbard. Kelompok New York ini setuju untuk memimpin New York City bagian dari gerakan nasional. Fred Kent memimpin menyewa kantor dan merekrut relawan. "Terobosan besar datang ketika Walikota Lindsay setuju untuk menutup 5th Avenue untuk aktivitas tersebut. Sebuah raksasa penghibur naik di kantor pada hari itu," menurut Kristin Hubbard (sekarang Kristin Alexandre). "Sejak saat itu kami menggunakan kantor Walikota Lindsay dan bahkan stafnya. Aku Speaker Koordinator tetapi bantuan yang luar biasa dari staf Lindsay Judith Crichton. "

Selain menutup jalan Fifth Avenue, Walikota Lindsay membuat Central Park tersedia untuk Hari Bumi. Orang-orang diperkirakan lebih dari satu juta datang, terbesar di negara itu. Karena New York adalah juga merupakan rumah dari NBC, CBS, ABC, New York Times, Times, dan Newsweek, itu memberikan jangkar terbaik untuk cakupan nasional dari wartawan mereka di seluruh negeri.

Austan Librach, seorang mahasiswa pascasarjana perencanaan daerah, berperan sebagai Ketua Komite dan mempekerjakan Edward Furia, yang baru saja menerima gelar Perencanaan Kota dan Hukum dari University of Pennsylvania, untuk menjadi Direktur Proyek. Kelompok inti dari Penn bergabung pada tahun 1970 oleh mahasiswa dari perguruan tinggi daerah lain yang, bekerja sama, nilai yang diselenggarakan kegiatan pendidikan, simposium ilmiah dan peristiwa media massa di Delaware Valley Daerah utama di dalam dan sekitar Philadelphia. Komite Eartk Week terdiri dari 33 anggota pada tujuan umum-untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan dan solusi potensial mereka.

Senator AS Edmund Muskie menjadi pembicara utama di Hari Bumi di Taman Fairmont di Philadelphia. Peserta terkenal lainnya termasuk aktivis perlindungan konsumen dan calon presiden Ralph Nader; Lansekap Arsitek Ian McHarg; pemenang hadiah Nobel biokimia Harvard, George Wald; Senat AS Pemimpin minoritas, Hugh Scott, dan penyair, Allen Ginsberg. Empat puluh tahun kemudian, Komite Bumi Minggu memutuskan untuk membuat foto langka, video dan informasi yang sebelumnya tidak dipublikasikan lain tentang sejarah Earth Week 1970 yang tersedia untuk umum di EarthWeek.us.

Banyak kota sekarang memperpanjang ketaatan acara Hari Bumi untuk satu minggu penuh, biasanya dimulai pada tanggal 16 April dan berakhir pada Hari Bumi, 22 April. Kejadian-kejadian ini dirancang untuk mendorong perilaku yang sadar lingkungan, seperti daur ulang., menggunakan energi efisien , dan mengurangi atau menggunakan kembali barang-barang sekali pakai.

Sumber : wikipedia

1 comments:

bisnis tiket mengatakan...

hari ini,
jadi teringat bwah bumi kita ini sudah tua

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails