Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Kiat Sukses Menjadi Backpackers

Backpacker is "freedom of travel adventure"

Kiat Sukses Menjadi Backpackers

Ini disarikan dari berbagai pengalaman mudah-mudahan bisa memancing urun rembug dari para backpackers yang lain.

1. Pakailah ransel

Pertama, biar sah disebut ‘backpacker’. Alasan teknis, karena ransel ini memang paling praktis diajak kemana aja. Bayangin kalo pakai koper, susah dunk pas musti ngejar-ngejar bis, atau pas naik turun truk. Dengan ransel, kedua tangan kita bebas melakukan tugas lainnya seperti ‘bergelantungan’ di bis.

2. Banyak-banyaklah punya teman

Menginap di rumah teman, bisa jadi satu kiat untuk ngirit ongkos penginapan. Loooh, kesannya kok memanfaatkan teman sekali. Aaaah, nggak juga, selama yang diinapi senang dan menawarkan diri, kenapa tidak?

Paling tidak, punya teman di berbagai pelosok kota dan penjuru dunia memudahkan kita untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan, yang kadang tidak ada di tourist guide book.

3. Rajin-rajinlah berkenalan di jalan

Tapi jangan kerajinan ya ntar kesannya sok ramah sekaleeee. Sesama backpackers biasanya dah saling ngerti, dan bisa diajak join semisal mo sharing kamar, mo jalan bareng biar irit ongkos perjalanan (terkadang seperti di Bali, lebih murah nyewa mobil untuk beramai-ramai ketimbang naik transportasi umum – jadi backpackers nggak haram laaah sewa mobil, asal ngirit).

4. Latih perut agar tidak manja

Jadi, bisa makan apa saja dan kapan saja dan dimana saja. Sebenarnya nggak cuma perut, tapi juga tubuh secara umum, jadi bisa tidur dimana saja termasuk kalau terpaksa, ngegelar tikar di masjid atau di emperan.

(Waaah, kesannya kok ‘kere’ sekali….)

5. Bagi para cewek: safety first

Keamanan sebenarnya tidak pandang cowok atau cewek, tapi karena cewek lebih rentan untuk diperkosa, ya faktor keamanan jadi nomor satu dalam pengambilan keputusan misalnya: memilih penginapan, cara mencapai daerah tujuan termasuk estimasi waktu (jangan sampai seperti saya, udah sendirian, nyampe di Ubung jam 12.00 malam, dengan duit tinggal 1000perak pula. untung ini Bali, jadi tetap merasa aman dan nyaman di hati.).

6. Berpeganglah pada prinsip: Menggelandang itu menyenangkan! Karena tidak terpatok pada schedule dan keterbatasan waktu untuk berada di satu objek, tidak terikat pada tata tertib bila pergi berombongan, dan bila pergi dengan sesama backpackers pun, karena sudah sejiwa, ya asik aja jek semuanya!

Tips-tips yang lain seperti penyusunan anggaran secara cermat, pengumpulan informasi lengkap sebelum berangkat, dlsb itu kiat yang kudu dimiliki pelancong secara umum.

Sumber : indobackpacker

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails