Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Safety Tips Untuk Solo Backpacker

Sepi dan Kesendirian sebagai seorang "solo backpacking" merupakan hal terberat yang akan dijalani. Hanya anda dan alam bebas yang akan menyertai kemana kaki anda melangkah. Anda menjadi satu-satunya pengambil keputusan kapan anda berhenti, mendirikan tenda dan seberapa cepat anda mencapai tujuan. Itu merupakan hal unik yang akan dialami bila anda menjadi seorang backpacker walaupin sekali dalam hidup ini.

Sebagai seorang "solo backpacking", anda dituntut lebih waspada terhadap sekitar karena hanya anda seorang diri. Bisa jadi anda menjadi relatif ada dalam bahaya, karena tak ada seorangpun yang membantu bila butuh pertolongan. Untuk hal-hal tersebut ada baiknya ada melakukan beberpa tips dibawah ini yang mungkin bisa bermanfaat:

Berikut beberapa tips bila anda melakukan "solo backpacking":

  1. Beritahukan seseorang tentang kemana tujuan anda, kapan anda akan berangkat serta kapan anda akan kembali. berikan pada mereka map atau peta rute perjalan anda serta waktunya.
  2. Bawa telepon seluler / handphone anda, matikan baterry dan masukan dalam pack anda. Jika membutuhkan anda tinggal menghunakannya. coverage cell atau handphone kadang menjadi masalah tapi bisa jadi ini satu-satunya pertolongan.
  3. Double check emergency/safety items yang harus anda bawa dan yakinkan itu sudah ada dalam pack anda. First aid kit, water-proof matches, iodine tablets, emergency blanket, whistle, mirror, dll semua dibutuhkan dalam perjalanan anda.
  4. Pilih rute yang sesuai dengan kemampuan diri anda. Bila anda memiliki masalah dengan lutut atau masalah lain pastikan anda melakukan perjalanan yang mudah serta memiliki kemungkinan bertemu dengan backpacker lain.
  5. Berlatih unutk dapat membaca peta dan menggunakan compass. Mengetahui posisi anda serta mencari jalan keluar adalah hal terpenting yang harus anda kuasai, walaupun harus keluar dari rute utama anda.
  6. Selalu menyadari kemampuan anda, jangan melakukan percepatan perjalan yang anda belum pernah anda lakukan. Ada baiknya anda melakukan dibawah target percepatan yang telah anda rencanakan apalagi bila anda ada dalam group backpacking.
  7. Anda perlu untuk meringankan bawaan anda, karena anda tidak dapat berbagi bawaan anda. utamakan perangkat penting saja.

Akan banyak resiko bila anda menjadi seorang solo backpacker, namun bila dilakukan dengan rencana matang akan menjadi sebuah pengalaman berharga yang tak terhingga.

Sumber : warani.com


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails