Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Tips Backpacker Keliling Indonesia

Beberapa Tips buat Backpacker yang mau bepergian keliling Indonesia:

  1. KTP dan salinan/fotokopi semua dokumen yang anda bawa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan (disetiap pelabuhan di Bali, ada pos pemeriksaan KTP ).
  2. Bawa buku kecil manual untuk mencatat nomer-nomer penting seperti teman-teman atau relasi lainnya, untuk menjaga kalau misalnya ada kejadian Handphone hilang atau ketinggalan, masih ada back-up data nya.
  3. Selalu bikin check list barang-barang atau dokumen-dokumen apa yang harus dibawa, dan lakukan cross check sebelum berangkat supaya jangan ada yang ketinggalan.
  4. Cari informasi penginapan yang murah dan jangan lupa catat dan simpan alamat lengkap tempat-tempat penginapan tersebut beserta no.telpnya.
  5. Cari informasi transportasi terdekat dengan hotel tempat anda menginap, terminal bus, angkot, sewa motor.
  6. Beli peta daerah yang akan anda kunjungi.
  7. Tentukan kapan waktu yang paling tepat anda berangkat. Waktu yang tepat mungkin hampir selalu ada, tapi untuk waktu yang paling tepat tidak selalu ada.
  8. Jangan lupa bawa ATM/Credit Card, dan juga uang cash, tapi yang penting dana cadangan, kalau bisa diamplop terpisah(diperlukan untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan /emergency)
  9. Hindari membawa barang yang tidak diperlukan! Misalnya jumlah pakaian yang berlebihan, laptop, dll. Cukup membawa mp3/ipod , kamera saku, dan tas kecil untuk menyimpan dokumen.
  10. Bawa perlengkapan mandi (sabun cair, shampoo, odol, sikat gigi). Untuk sabun dan shampoo bawa yang sachet aja biar nggak berat, dan juga untuk para wanita, sebaiknya bawa persediaan panties/pembalut: ini penting. Jangan lupa bawa handuk kecil karena lebih ringan, jangan yang besar.
  11. Bawa dan gunakan sepatu/sandal yang nyaman digunakan apalagi untuk perjalanan jauh dan melelahkan, serta bawa topi/payung/kacamata hitam/sunblock untuk daerah panas seperti Bali atau bawa jacket/sweater/sarung tangan/kaos kaki/ topi kupluk untuk daerah dingin seperti kawasan Bromo.
  12. Bawa botol minuman kosong atau botol minum olahraga(sekarang ada yang buat adventure) yang bagus kualitasnya, agar bisa dibawa kemana-mana dan bisa di isi ulang.
  13. Bawa obat-obatan pribadi biar kalo sakit ringan ada persediaan (aspirin, panadol, komix, betadine, handiplast, minyak kayu putih, minyak tawon(obat sehabis digigit tawon/lebah), tolak angin, obat tetes mata ). Jangan lupa bawa obat nyamuk lotion/spray.
  14. Atur jadwal anda untuk mendatangi tempat-tempat yang harus anda kunjungi di hari pertama, kedua, dan hari selanjutnya.
  15. Catat selalu pengeluaran anda, cerita perjalanan anda, dan tips-tips baru yang mungkin nanti sangat di butuhkan oleh orang lain ataupun kerabat anda.
Apa yang TIDAK BOLEH dilakukan selama perjalanan anda :
- Jangan buang sampah sembarangan
- Jangan melanggar peraturan/adat istiadat setempat, patuhi semua peraturan di daerah itu.

Beberapa tips di atas bisa membantu anda yang mungkin baru ingin mencoba berpetualang ala Backpacker keliling Indonesia.
Selamat berpetualang dan menikmati perjalanan anda.

Salam Hangat Backpacker

Sumber : wisata-backpacker.blogspot.com

1 comments:

Arman mengatakan...

Trims gan infonya...

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails