Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Tips Backpacking Untuk Pemula

Cari pengetahuan tentang backpacker sebanyak mungkin. Belilah buku dasar-dasar backpacking dan buku teknik-teknik pertolongan pertama. Bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan tipe backpacking anda. Komunitas ini menyediakan cara tercepat untuk belajar teknik yang tepat dan untuk menemukan teman dengan minat sama.

Jaga stamina dan ketahanan tubuh anda. Penting bagi seorang backpacker untuk melatih kekuatan kaki serta memiliki punggung bawah, punggung atas, dan otot abdominal yang kuat. Carilah latihan-latihan fisik yang dapat memperkuat otot-otot tersebut. Sebagai contoh, mendayung serta bersepeda, dapat melatih otot tersebut sekaligus. Jika anda kesulitan untuk menemukan alatnya, pergilah ke pusat kebugaran. Banyak kebugaran yang memiliki alat imitasi bersepeda atau mendayung. Latihan-latihan dasar seperti mengangkat beban dan berlari juga efektif untuk menjaga kebugaran.

Tips Untuk Menjaga Stamina dan Kebugaran

  • Ketahul kondisi awal dari fisik anda. Bukan hanya masalah stamina, tapi keseluruhan kondisi tubuh (penyakit, kondisi jantung, ginjal dll). Anda perlu mengetahui sebanyak mungkin tentang badan anda sebelum anda memulai program latihan. Pengetahuan tersebut juga berguna saat anda berencana untuk menjelajah pedalaman. Jika anda memiliki masalah dengan kesehatan, cari tahu juga konsekuensi dari serangkaian latihan fisik yang akan anda jalani. Ingat, di pedalaman belum tentu anda mendapatkan akses perawatan medis yang memadai.
  • Jika anda berolahraga secara teratur, berarti anda dalam kondisi prima. Namun, hal itu tidak berarti anda siap untuk langsung terjun menjelajah pedalaman. Jogging secara teratur di jalan beraspal berbeda dengan membawa bawaan berat melewati tanjakan berbatu. Untuk membiasakan diri, coba bawa ransel anda yang terisi penuh dan ditambahi beban 2 kilo lagi. Bawa ransel tersebut sambil berjalan-jalan mengelilingi daerah rumah anda. Rasakan efeknya pada tubuh anda. Setelah itu, coba rencanakan pendakian singkat untuk melihat bagaimana tubuh anda bereaksi jika mendaki/menjelajah sambil membawa beban. Secara bertahap, tambahlah beban dan rute perjalanan anda untuk meningkatkan level kebugaran dan ketahanan tubuh. Metoda ini dianggap paling ringan untuk dilakukan karena akan membiasakan diri anda untuk beradaptasi.
  • Jika anda tidak biasa berolahraga secara teratur, mulailah. Buatlah program latihan fisik dan laksanakan secara konsisten. Buatlah program ini salah satu prioritas dalam rutinitas anda.
  • Mulailah latihan! Berenang, bersepeda, jalan, jogging atau apapun. Baik untuk tubuh jika anda memiliki berbagai aktivitas yang melatih berbagai otot.
  • Antisipasi tingkat kesulitan dari perjalanan yang akan anda tempuh. Anda akan menyusahkan teman seperjalanan anda jika nekat bertualang dan berharap level stamina anda akan diperoleh di perjalanan. Beberapa minggu sebelum pergi, perkirakan beban yang akan anda bawa dan siapkan beban 5 kilo lebih banyak. Jadikan beban tersebut alat latihan anda selama beberapa minggu tersebut, 4 hingga 5 hari tiap minggunya. Tapi jangan lupakan latihan dasar anda. Jika berhasil menggabungkan keduanya, anda akan memiliki kepercayaan diri yang kuat untuk melakukan perjalanan.
  • Regangkan otot-otot (stretching). Otot-otot yang lemas akan membuat pergerakan anda lebih fleksible. Setiap harinya, lakukan peregangan untuk otot punggung bawah, kaki, leher, pundak dan otot lainnya. Rutinitas ini akan membuat anda terhindar dari resiko cidera otot saat perjalanan.
  • Berlatih untuk mengangkat backpack anda. Ransel yang terisi penuh sendiri bisa berbobot lebih dari 15 kg. Teknik mengangkat yang tidak tepat bisa menyebabkan cidera pada punggung anda.

Tips Menghadapi Perjalanan

  • Rencanakan perjalanan Anda secara teliti. Cari tahu tantangan apa yang akan anda hadapi di depan. Pengetahuan yang cukup tentang perjalanan anda, akan membuat anda siap dan percaya diri dalam menghadapi segala situasi.
  • Komunikasikan rencana anda dengan teman dan keluarga.

    Dokumentasikan rute dan jadwal perjalanan anda dan berikan pada mereka.

  • Dengarkan tubuh anda. Ketahuilah teknik-teknik untuk tetap menjaga keseha

    tan. Jika udara mulai dingin, segera kenakan jaket atau pakaian penghangat. Jika udara terlalu panas, hindari keringat berlebih karena pak

    aian yang bertumpuk. Perbanyak minum air putih dan makan secara teratur. Dengarkan tanda-tanda yang dikirim oleh tubuh anda. Saat anda berada di pedalaman, hipotermia dan hipertemia adalah 2 gangguan yang mungkin menyerang tubuh anda. Kenali tanda-tanda keduanya dan cara untuk mengantisipasinya. Poin yang paling penting adalah untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dan hindari perubahan temperatur yang dramatis. Sebagai contoh, jika anda berhenti dari perjalanan panjang kenakanlah jaket, walau matahari bersinar terang.

  • Cari tahu peralatan apa saja yang wajib anda bawa sesuai dengan jenis perjalanan. Carilah peralatan tersebut dalam bentuk yang paling ringan, kecil namun tetap mempertahankan kualitasnya. Sesuaikan peralatan anda dengan keamanan dan kenyamanan perjalanan anda. Ransel yang terlalu berat akan mengganggu keseimbangan anda, dan memperbesar resiko cidera pada punggung, tangan atau kaki. Tapi, ransel yang terlalu ringan juga bisa menyebabkan anda merasa tidak aman karena merasa kurangnya peralatan.

Tips Peralatan

  • Carilah peralatan yang ringan dan efisien. Anda membutuhkan energi sebanyak mungkin dalam perjalanan, sehingga anda perlu menghindari beban yang terlalu berat.
  • Sebelum pergi mencari peralatan-peralatan tersebut, sempatkan diri anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar seperti ini: Jenis perjalanan seperti apa yang akan anda jalani (berapa hari, berapa km, bagaimana kondisi jalan, berapa ketinggiannya, dalam kondisi cuaca seperti apa, berapa jumlah anggota rombongan)? Bagaimana kondisi yang paling nyaman untuk anda tidur? Berapa ukuran torso anda? Cari tahu bagian mana dari tubuh anda yang paling lemah antara paha dan punggung bagian bawah. Beberapa ransel menitikberatkan beban pada paha dan beberapa pada punggung bagian bawah.
    Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan membantuk anda dalam memilih peralatan yang tepat. Pramuniaga yang berpengalaman akan menanyakan pertanyaan tersebut saat membantu anda.
  • Saat mencoba boot dan sepatu mendaki, bawa serta kaoskaki yang akan anda gunakan dalam perjalanan. Menggunakan kaos kaki yang berbeda dengan yang anda gunakan saat mencoba sepatu bisa mengurangi kenyamanan.
  • Jika anda adalah seorang pemula, carilah toko peralatan yang memiliki reputasi yang baik dan memiliki pramuniaga yang berpengalaman. Jika anda tak bisa berbelanja di toko tersebut, pastikan anda benar-benar tahu apa yang akan anda cari.
  • Kurangi beban anda. Pelajari beberapa teknik untuk mengurangi beban di ransel anda dengan metode packing yang tepat.
  • Gunakan checklist. Buat daftar peralatan yang akan anda bawa dan cek ulang daftar tersebut sebelum anda berangkat.
  • Pelajari dengan baik alat-alat yang akan anda gunakan. Anda harus tahu apa fungsi dari etiap peralatan, cara menggunakannya dan cara perawatannya.
Sumber : warani.com

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails