Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Tips Hemat Berlibur

Indonesia kaya akan obyek wisata berkelas dunia. Bukan hanya di Bali, tetapi juga daerah wisata lain seperti Yogyakarta, Medan, Manado, Malang, Kalimantan, dan Nusa Tenggara.

Pemerintah kini sedang menggenjot bagaimana wisatawan domestik bisa semakin rajin berkunjung ke obyek-obyek wisata. Bahkan, pemerintah telah menggandeng berbagai agen wisata dan semua bisnis yang terkait dengan wisata untuk bersama-sama mengampanyekan pentingnya meningkatkan wisata domestik.

Di sisi lain, kondisi ekonomi sedang tidak bersahabat. Penghasilan mayoritas masyarakat Indonesia turun. Hal itu menyebabkan daya beli masyarakat turun. Tips berikut adalah cara bagaimana kita bisa berhemat ketika sedang berwisata.

1. Rencanakanlah dengan matang perjalanan wisata Anda jauh-jauh hari. Biasanya para operator travel dan berbagai resor atau hotel sudah menjual paket-paket andalan mereka satu atau dua bulan sebelumnya. Anda tinggal memilih dan memesan paket tersebut. Pilih mana yang paling menjanjikan untuk bisa berhemat.

2. Tentukan tujuan Anda, ingin berwisata mewah, mengunjungi kota-kota dengan budaya yang unik, atau ingin liburan bergaya backpaker yang lebih hemat, tapi menawarkan suasana perjalanan yang berbeda.

3. Sesuaikan kondisi lokasi dan bentuk liburan Anda dengan anggota keluarga yang lain. Jika Anda bersama keluarga dan anak-anak, tentunya kegiatan liburan disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak, misalnya, dengan menyisipkan unsur pendidikan. Jika mengajak orang tua tentu tempat wisata, kegiatan, dan waktu perjalanan juga disesuaikan dengan kondisi orang tua.

4. Sesuaikan dengan anggaran Anda. Jangan sampai Anda niatnya bersenang-senang, justru kena masalah. Anda harus mengatur anggaran saat berlibur. Jangan sampai kehabisan simpanan uang dengan belanja yang tidak penting.

5. Jika Anda melakukan wisata religi, Anda dapat berkunjung ke daerah-daerah yang mempunyai tempat wisata religi dan menyaksikan acara adat atau ritual keagamaan mereka. Bisa juga ke daerah-daerah yang mempunyai obyek wisata rohani atau tempat-tempat ziarah dan mengikuti perayaan Natal bersama di sana.

6. Persiapkan kondisi fisik Anda secara fit. Hindari dari makanan atau kegiatan yang akan menggangu kesehatan Anda dalam perjalanan.

Sumber : www.mediaindonesia.com

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails