Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Konsep Tentang Hypothermia dan Tehnik Olah Nafas

Hypothermia jika diartikan secara harfiah berarti suatu keadaan dimana menurunnya suhu tubuh dari keadaan suhu normal ( 37 Derajat C ) sehingga menyebabkan menggigil, kehilangan orientasi lingkungan, dll.

Dalam suatu pendakian gunung beberapa waktu lalu, tanpa sengaja saya pernah menemukan bahwa teknik olah nafas dapat menghindarkan tubuh dari kondisi Hypothermia dan penyakit gunung lainnya.

Konsep atau logikanya seperti berikut:

Setiap gerakan atau aktifitas yang terjadi dalam tubuh manusia sebagian besar dikerjaan oleh kesadaran fisik ( otak ) yang tentu saja ditopang oleh oksigen yang didapat dari pernafasan. Jika kita dapat mengendalikan jumlah oksigen dengan teknik olah nafas, dijamin tubuh kita secara otomatis akan meningkatkan efek kekebalan yang mempengaruhi segala aktifitas yang ditimbulkan oleh otak, rasa dingin, lapar, haus, kesakita, dan ketakutan bisa dihindari jika kita telah dapat mengendalikan kesadaran fisik kita ( otak ).

Teknik olah nafas sangat berguna sekali bagi para pendaki gunung yang biasanya berkegiatan ditempat yang dingin, minim oksigen, dan bertekanan rendah.

PENERAPAN SEDERHANA TEKNIK OLAH PERNAFASAN BAGI PARA PENDAKI GUNUNG

Jika teman-teman sekalian ingin mendaki gunung, sebaiknya coba terapkan teknik-teknik sederhana olah pernafasan yang telah saya telaah selama ini :

  1. Selalu berdoa dengan menahan nafas selama beberapa detik jika berada dalam kondisi berbahaya, gunanya untuk menjalin komunikasi antara kesadaran fisik (otak) dan kesadaran jiwa (pikiran bawah sadar) sehingga energi positif akanmengalir menenangkan pikiran.
  2. Sambil berjalan coba anda rasakan tekanan udara disekitar anda dengan jalan menarik nafas panjang selama beberapa saat, gunanya untuk memberitahukan ketubuh anda bahwa tubuh anda siap beradaptasi dengan kondisi baru.
  3. Jika mengalami gejala-gejala awal hypothermia seperti : mengigil, mataberkunang-kunang, lemas, dll. segera duduk dengan badan tegap, tarik nafasperlahan-lahan tahan beberapa saat, kemudian cobalah umpamakan telan nafas anda,agar oksigen dapat dengan cepat menuju lambung. Gunanya untuk mereduksi suhusekitar agar sama dengan suhu tubuh anda.
  4. Jika mengalami lelah, ambil posisi berdiri! silangkan kedua tangan didepandada, setelah itu ambil nafas dalam-dalam seraya menggerakan kedua tangan menujudaerah pusar. setelah itu buang nafas secara cepat sambil menengadahkan kepala.Gunanya untuk membuang energi negatif di dalam tubuh kita.
  5. Jika anda merasa telah berada dalam kondisi hypothermia dan jika anda belum hilang kesadaran secara sempurna (pingsan, koma, dll) anda dapat dengan segeramenarik nafas secara cepat seraya mencoba menghentakkan kaki dengan interval 1 dan 2 sebisa mungkin. gunanya untuk mempercepat suplai oksigen dari paru-paru kejaringan tubuh, sehingga organ anda dapat bekerja lebih keras meningkatkan suhu tubuh anda.
Sumber : www.belantaraindonesia.org

3 comments:

Adit Mahameru mengatakan...

Thx u 4 share sahabat sehati.....

Raddien mengatakan...

@Adit Mahameru, terima kasih kembali, berbagi ilmu adalah ibadah .. amien.

slowm4n mengatakan...

nice inpoh gan,,makasih

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails