Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Menangkap Keindahan Malam Hari

Suasana malam hari memang selalu penuh misteri, tak jarang banyak masyarakat, khususnya para penggemar fotografi mengabadikan momentum malam hari lewat jepretan-jepretannya.

Namun, terkadang banyak fotografer yang harus berulang kali memotret karena hasil jepretan yang kurang maksimal. Memotret suasana di malam hari memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Hal itu jauh berbeda ketika memotret di siang hari. Suasana gelap di waktu malam membuat jarak pandang semakin terbatas sehingga memerlukan beberapa trik untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Faktor pertama yang harus diperhatikan ialah tentukan dan perhatikan objek yang akan anda bidik. Bila anda memotret manusia, perhatikan suasana di sekitar objek, sehingga anda dapat memilih angle yang menurut anda menarik.

Pemilihan waktu juga perlu diperhatikan, sebaiknya pemotretan jangan dilakukan di waktu malam pekat. Pilih waktu blue-hour, di mana nuansa langit biru masih dapat terlihat.

Jika anda ingin memotret suasana kota di malam hari untuk menjadi objek bidikan, Malektips.com, memiliki beberapa tips yang dapat anda perhatikan. Jika anda telah menemukan lokasi yang menjadi pilihan ada baiknya anda menggunakan mode self-timer untuk mengurangi resiko berubahnya posisi kamera. Minimnya cahaya membuat kamera harus berada pada posisi diam. Tak ada salahnya anda membawa Tripod untuk menopang posisi kamera.

Langkah selanjutnya, pastikan mode yang anda gunakan adalah Night Program atau Scene Mode karena secara otomatis kamera akan membantu mendapatkan kualitas gambar yang maksimal.

Selain itu, banyak orang yang beranggapan karena malam hari, maka lebih baik menggunakan lampu kilat padahal tak selamanya lampu tersebut membantu. Untuk beberapa kamera digital yang telah mampu memotret di kondisi cahaya rendah tanpa flash. Penggunaan flash harus diperhatikan karena dapat mengganggu orang di sekitar anda, jika memotret dalam suasana ramai. Anda dapat meningkatkan ISO di kamera anda, agar lampu kilat tak harus dikurangi.

Permasalahan lain yang sering dihadapi dalam memotret di malam hari adalah hasil gambar yang nge-blur. Menurut situs Malektips yang dikutip Jumat (10/10/2008) hasil sedikit blur di malam hari terkadang dapat menambah kesan artistik dalam foto anda, asalkan blur dalam foto itu masih dapat ditolerir.

Sumber : mitrakamera.com

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails