Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Tips Memotret Sekelompok Orang

EASTMAN KODAK COMPANY

Perjalanan punya banyak aspek. Salah satunya adalah dokumentasi foto atau foto perjalanan. Jika dalam perjalanan Anda berencana melakukan sejumlah pemotretan, sebaiknya Anda tahu bagaimana para profesional biasanya melakukan hal itu agar karya Anda tampil maksimal dan memuaskan.

Setiap obyek yang akan direkam atau difoto punya tuntutan teknis tersendiri. Memotret benda seni, pemandangan, atau orang, misalnya, tuntutan teknisnya berbeda-beda. Saat memotret orang pun caranya berbeda untuk orang yang bergerombol atau berkelompok, orang yang sedang bekerja, orang yang berada di pasar, atau orang yang sedang berolah raga.

Kali ini kita mulai saja dengan tips memotret orang yang berkelompok. Setiap kali Anda mencoba memotret orang dalam kelompok dan Anda ingin mereka kelihatan bahagia dan releks, Anda akan paham mengapa tukang foto profesional dibayar mahal. Mengambil foto sekelompok orang tidak mudah. Namun, jika Anda bepergian bersama keluarga atau kelompok besar atau suatu saat bertemu dengan sekelompok orang asing yang ramah, Anda akan menghadapi tantangan itu.

Saat mengatur pose yang natural merupakan bagian paling canggung dari kegiatan memotret sebuah kelompok, cobalah untuk kreatif. Daripada sekadar membuat barisan berdasarkan tinggi badan seperti yang umum orang lakukan, lebih baik arahkan mereka berada di sekitar bangku piknik atau dudukkan mereka di lereng bukit berumput atau biarkan berkerumun secara natural (lihat foto anak-anak Cina).

Cobalah berusaha agar semua orang tampak ceria: lebih mudah mengambil gambar sekelompok orang yang tampak tidak teratur dan ceria daripada merekam mereka yang tampak sedih dan ketakutan. Lontarkan sebuah lelucon (meskipun mungkin garing atau tidak memuaskan) atau jika Anda hendak memotret kawan seperjalanan, ingatkan peristiwa konyol yang terjadi sepanjang perjalanan. Biasanya, selalu ada sesorang yang memicu kelucuan dalam sebuah kelompok dan cara terbaik untuk mendapat gambar yang lucu adalah tempatkan orang itu sebagai pengatur proses pengambilan gambar.

Jika Anda tidak juga mendapatkan momen yang pas untuk pose yang dikehendaki, tidak perlu kuatir; mondar-mandir di sekitar kelompok orang yang akan dijadikan obyek foto sambil menenteng kamera sangat tidak wajar. Prinsipnya adalah dapatkan yang Anda bisa dan coba lagi kemudian.

Pencahayaan dalam memotret sebuah kelompok sangat penting karena Anda ingin memperkenalkan wajah orang. Jika mungkin, ambilah gambar di area terbuka yang teduh, seperti di bawah pohon. Jika Anda terpaska bekerja di bawah terik matahari di mana bayangan mengaburkan atau menggelapkan wajah, gunakan menu flash fill mode untuk menerangi daerah yang gelap.

Penggunaan lensa lebar atau zoom lebar akan memudahkan Anda bekerja lebih dekat dengan obyek dan menempatkan lebih banyak orang dalam frame. Namun, hati-hati, jangan memasukan latar belakang yang justru akan membinggungkan. Jika Anda bekerja dengan kelompok yang besar, pertimbangkan untuk mengabil gambar panoramik, proposisinya yang tidak biasa akan memberikan sentuhan yang lucu pada gambar.

Sumber : travel.kompas.com

1 comments:

obat darah rendah mengatakan...

saya suka dengan cara penyempaian anda dalam menyajikan artikel.

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails