Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Study Tour: Taman Mini Indonesia Indah, SD Islam Tirtayasa Serang, 20 Mei 2010

Sesuai dengan Kalender Akademik SD Islam Tirtayasa Serang Banten, menjelang liburan sekolah kenaikan kelas dan sebelum ujian akhir semester, maka dilaksanakanlah Study Tour yang diikuti seluruh level/kelas yang ada, dari kelas 1 sampai dengan kelas 4 (SD Islam Tirtayasa merupakan SD yang baru berdiri, sehingga baru memiliki kelas 4, belum ada kelas 5 dan 6).

Bertepatan tanggal 20 Mei 2010, kegiatan diawali dengan berkumpul di halaman sekolah jam 06.30 WIB untuk pengecekan peserta dan pembagian kursi bis yang tersedia sesuai dengan nomor yang telah di dapat sebelumnya.



Setelah dianggap lengkap dan persiapan sudah selesai serta bis pun sudah siap seluruhnya, maka peserta Study Tour ini pun mulai memasuki bisnya masing-masing. Peserta studi tour ini dikuti oleh seluruh siswa, guru dan pngurus sekolah, serta orang tua atau wali siswa.




Dan akhirnya rombongan besar ini pun berangkat, terdiri dari 7 bis besar 2-2 seat tepat jam 07.15 WIB dengan tujuan langsung menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta.

09.35 WIB rombongan SD Islam Tirtayasa pun sampai di TMII dengan tidak mengalami hambatan dan kemacetan berarti selama di perjalanan, tujuan utama study tour ini adalah tempat Pusat Peragaan Pengetahuan dan Tekhnologi TMII sehingga rombongan di arahkan langsung menuju gedung tersebut.




Cukup ramai juga pengunjung di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi pada hari itu, antrian cukup panjang dan memerlukan waktu juga. Dari pihak pengelola, untuk memudahkan peserta rombongan, maka yng didahulukan masuk adalah para pendamping yaitu orang tua dan wali siswa baru kemudian para siswa. Hal ini dilakukan karena telebih dahulu para siswa diberikan kuis berupa lembaran yang kan diisi selama berkunjung dan beberapa penjelasan singkat mengenai gedung dan isi dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi yang ada di TMII ini.



Sebelum memasuki gedung, terlebih dahulu pihak pengelola mewajibkan para siswa untuk menyimpan tas, makanan, ataubarang bawaan lainnya ke tempat locker yang tersedia, hal ini dilakukan untuk menjaga konsentrasi siswa selama di dalam dengan tidak terganggu oleh barang-barang bawaan sendiri dan lebih fokus untuk mencari tahu tentang apa yang ada di dalamnya.


Berbagai macam atraksi yang dipertunjukkan dan diperagakan oleh para siswa dalam rangka menambah ilmu pengetahuan dan tekhologinya, baik yang sudah dipelajari di sekolah maupun yang belum, atau yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah cukup lama di area ini, tepat jam 12.00 WIB rombongan diberangkatkan lagi menuju Anjungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tempat istirahat, makan siang, dan sholat zduhur. Makan siang dilakukan secara prasmanan dan terpisah antara orang tua/wali dengan para siswa.




Jam 13.25 WIB, persiapan untuk memasuki bis kembali, karena acara selanjutnya adalah menonton film 4 Dimensi. Karena jumlah rombongan cukup besar maka dibagi dalam dua rombongan yang menonton secara bergiliran, lama antrian untuk menunggu selanjutnya adalah 25 menit, 15 menit untuk durasi film dan 10 menit untuk keluar dan pembersihan di dalam bioskopnya.


Patung yang berada di depan Theater 4 Dimensi TMII


Jam 14.51 WIB secara keseluruhan acara di theater 4 Dimensi selesai dan kembali menuju bis untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan kali ini merupakan kegiatan bebas, bis diarahkan menuju area parkir di depan dan peserta rombongan study tour diberi kebebasan hingga jam 17.00 WIB.



Anak-anak kami bebaskan untuk bersama teman-temannya mengeksplore yang ada di area ini, sementara kami menyewa sepeda untuk berkeliling. Sewa sepeda cukup banyak tersedia, dengan membayar Rp15.000,00 (lima belas ribu rupiah) sudah cukup kami menyewa 2 unit sepeda. Tujuan pertama adalah mencari kesegaran perut, alias kuliner. Terdapat banyak stand yang tersedia untuk makan-minum dan jajanan khas lainnya di sekitar area parkir ini.




Tetapi tatkala kami sedang makan baso, apa daya hujan turun dan sebelum turun dengan derasnya, rencana untuk berkeliling dengan sepeda dibatalkan dan segera dikembalikan ke tempat penyewaanna. Kami kembali ke bis sambil menununggu pemberangkatan pulang kembali. Dan pada jam 17.00 WIB rombongan sudah diberangkatkan ke Serang kembali.

Sekian dan terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails