Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Lomba Foto Bumi Resources "Warna Indonesia", 25 Agustus 2010



Tema: "Kehidupan, Budaya & Lngkungan Manusia Indonesia"

Fotografi sebagai media rekam visual atas berbagai aktifitas manusia telah dilakukan oleh banyak pihak. Para fotografer sebagai pelakunya, telah melakukan kegiatan dokumentasi atas berbagai kegiatan budaya dan lingkungan di sekitarnya. Karya-karya terbaik atas dokumentasi budaya & lingkungan perlu mendapat apresiasi dengan menempatkan pada media publikasi yang dapat dibanggakan serta mendorong hasrat untuk berkarya dalam bidang fotografi secara optimal.

PT Bumi Resources Tbk.,(Bumi) sebagai perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dalam upaya pelestarian keanekaragaman dan kekayaan budaya dan lingkungan Indonesia, ingin berperan aktif dalam upaya menyebarkan informasi berkaitan dengan keanekaragaman dan kekayaan budaya dan lingkungan Indonesia melalui karya-karya terbaik fotografer Indonesia agar dapat memberikan nilai tambah bagi masyakarat serta para pemangku kepentingan lainnya termasuk pengembangan budaya dan lingkungan Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya Bumi dalam membangun citra yang positif dan wujud keberpihakan Bumi pada nilai budaya dan lingkungan sebagai upaya memperkaya nilai hidup bagi para pemangku kepentingan sekaligus sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) melalui peningkatan hubungan dengan kelompok-kelompok masyakarat serta meningkatkan komitmen untuk mengelola dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Melalui kegiatan yang melibatkan insan kreatif di bidang fotografi dan sebagai wujud apresiasi terhadap berbagai karya fotografi anak negeri, maka Bumi memprakarsai kegiatan lomba fotografi dan membantu penerbitan dan pameran karya-karya terpilih dari kegiatan lomba foto ini serta menampilkan beberapa hasil lomba tersebut pada rancangan kalender dan buku harian yang akan diterbitkan oleh PT Bumi Resources Tbk.

KETENTUAN UMUM
a. Pengertian : Penyelenggara adalah PT Bumi Resources Tbk.. Pelaksana adalah Pandureka Sentra Peniwara
b. Lomba terbuka untuk umum, Warga negara Indonesia
c. Tema lomba adalah :”Warna Indonesia” yang mengembangkan pengertian Kehidupan, Budaya & Lingkungan yang Memperkaya Nilai Hidup Manusia Indonesia
d. Seluruh subyek/materi foto berada di Indonesia
e. Semua hasil karya akhir harus berupa file elektronik atau format digital berwarna dan tidak diperkenankan menggunakan teknik infra-merah atau metoda pengubahan warna lainnya.
f. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, dogde/burn dan saturasi warna) tanpa mengubah keaslian objek. Tidak diperkenankan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto atau menghilangkan/ mengubah elemen-elemen dalam satu foto.
g. Setiap peserta dapat mengirimkan paling banyak 5 (lima) buah foto untuk dilombakan. Bila ternyata seorang peserta mengirimkan lebih dari 5 (lima) buah foto, panitia akan mendiskualifikasi foto yang terakhir diterima.
h. Tidak diperbolehkan mencantumkan nama/judul atau tulisan, grafis atau penanda apapun yang nampak dalam foto.
i. Dilarang menyertakan karya foto yang mengandung unsur pornografi atau sadisme
j. Peserta haruslah satu-satunya pemilik dari seluruh hak kekayaan intelektual atas hasil karya yang dikirimkan. Setiap pelanggaran atas hak kekayaan intelektual orang lain akan diproses secara hukum. Peserta membebaskan pelaksana dan penyelenggara dari setiap gugatan atau tuntutan ganti rugi yang diajukan pihak ketiga dalam hal peserta dalam perlombaan ini melakukan pelanggaran atas hak kekayaan intelektual pihak ketiga.
k. “Model & property release” sepenuhnya menjadi tanggungjawab peserta. Pelaksana dan penyelenggara tidak bertanggung jawab atas tuntutan dari pihak foto model ataupun pihak lainnya sehubungan dengan materi lomba yang dikirimkan atau diikutsertakan dalam lomba.

l. Setiap foto yang dikirimkan harus belum pernah dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersial serta harus bebas dari setiap kontrak atau ikatan lain yang membatasi peserta dan penyelenggara untuk melakukan publikasi foto tersebut pada media yang berhubungan dengan perlombaan ini.

m. Pelaksana dan penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi setiap materi lomba yang diikutsertakan, sebelum, selama dan sesudah penjurian dilakukan apabila materi yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

n. Dari hasil penilaian dewan juri, akan dipilih 100 (seratus) foto pilihan (termasuk foto-foto pemenang) yang akan dicetak dan dipamerkan dalam kaitan kegiatan lomba ini.
o. Untuk foto-foto pemenang dan terpilih, peserta setuju untuk memberikan hak eksklusif secara cuma-cuma kepada pelaksana kegiatan untuk mereproduksi dan menggunakan foto-foto tersebut pada media publikasi kegiatan, termasuk pada katalog cetak, katalog dalam bentuk CD-Rom, pameran foto, serta media advertorial dan publikasi lainnya yang terkait dengan kegiatan ini.

p. Untuk foto-foto pemenang, peserta setuju untuk memberikan hak eksklusif secara cuma-cuma kepada penyelenggara (PT Bumi Resources Tbk.) untuk mereproduksi dan menggunakan foto-foto tersebut pada media publikasi penyelenggara, termasuk dan tidak terbatas pada katalog cetak, katalog dalam bentuk CD-Rom, pameran foto, serta media advertorial dan publikasi lainnya yang akan dilakukan oleh penyelenggara dalam kegiatan publikasinya.

q. Hak cipta atas foto pemenang dan terpilih tetap melekat pada fotografernya.

r. Pelaksana dan penyelenggara tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan hak cipta oleh pihak ketiga, sehubungan dengan hal ini, peserta tidak dapat melakukan tuntutan.
s. Pelaksana dan penyelenggara lomba berhak untuk mendiskualifikasi setiap materi lomba yang diikutsertakan, sebelum, selama dan sesudah penjurian dilakukan apabila materi yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
t. Dengan keikutsertaan, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh persyaratan.
u. Panitia tidak melayani segala bentuk surat menyurat
v. Dewan juri dan anggota keluarganya tidak diperkenankan mengikuti lomba.
w. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

DEWAN JURI
a. Agus S. Leonardus, AFIAP, AFPSI****
b. Fendi Siregar (fotogafer senior, pengajar di IKJ)
c. Arbain Rambey (editor foto harian KOMPAS)

PEMBERITAHUAN
Karya pemenang dan karya terpilih akan diinformasikan melalui email kepada seluruh peserta.

KETENTUAN FILE/BERKAS FOTO :
• Foto dikirim dalam format JPEG. RGB akan diaplikasikan sebagai warna standar pada saat penjurian.
• Sisi terpanjang maksimum 1600 pixel dengan resolusi minimum 72dpi
• Foto harus disimpan di berkas jpeg kualitas minimum pada skala 7
• Besar file dari setiap foto : minimum 350 kb dan maksimum 800 kb per foto
• Resolusi yang tinggi akan diperlukan untuk penyiapan cetak materi pameran dan material publikasi lainnya sehubungan dengan kegiatan lomba ini.
• Kepada pemilik Foto Pemenang dan Terpilih akan diminta mengirimkan file foto dengan resolusi tinggi untuk keperluan cetak produksi bahan pameran foto yang berhubungan dengan kegiatan lomba ini.

PENAMAAN FILE FOTO :
Penamaan file foto yang dilombakan, wajib mengikuti ketentuan format penulisan sebagai berikut :
nama peserta-judul foto-empat angka terakhir telpon peserta.jpg
Contoh:
karya dikirim oleh Mahmud Samuri, telepon No. 012-345678, judul foto “Tanah Air”
maka nama filenya adalah :
mahmud samuri-tanah air-5678.jpg

PENGIRIMAN FOTO :
Formulir aplikasi dan foto harus dikirim secara elektronik melalui email ke entry@bumiresources-photocontest.com.
Peserta yang tidak memiliki akses internet yang memadai dapat mengirimkan materi lomba dalam bentuk CD.
Contoh Formulir aplikasi untuk kelengkapan data peserta dalam format “word office” dapat diunduh di sini

Materi lomba yang dikirim tidak akan dinilai tanpa adanya formulir aplikasi.

Materi lomba harus diterima panitia sebelum tanggal penutupan.

Formulir peserta

SIAP KIRIM DATA & FOTO ?
KIRIM SEGERA
JADWAL KEGIATAN :
Penerimaan terakhir : 25 Agustus 2010 pk. 24.00
Penjurian : 28 Agustus 2010
Pemberitahuan : 31 Agustus 2010
Pameran & penyerahan hadiah : Medio Oktober 2010

TEMPAT PENJURIAN :
MEETING ROOM
WISMA BAKRIE II - 7th Fl.
Jl. Rasuna Said Kav
JAKARTA
( Penjurian terbuka untuk Umum. Panitia mengundang para peserta untuk menghadiri acara penjurian )

TEMPAT PAMERAN :
EPICENTRUM Building (dalam konfirmasi)
Jl. Rasuna Said - JAKARTA


Sumber: bumiresources-photocontest.com

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails