Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

LOMBA FOTO GAMBARA NIAS BANGKIT 2010, 18 Oktober - 11 Desember 2010





POSKO DELASIGA bekerjasama dengan KREASI MEDIA SOLUSI menyelenggarakan LOMBA FOTO GAMBARA NIAS BANGKIT 2010 dengan tema ”Solidaritas untuk NIAS, 6 tahun pasca Tsunami


Lomba foto ini sendiri merupakan lomba foto yang mengangkat issue realitas sosial sebagai objek perlombaan. Lomba ini terbuka untuk masyarakat umum dan wartawan baik dari dalam maupun luar negeri yang berusia 17 tahun keatas dengan memperebutkan total hadiah 161 juta rupiah.


Pendaftaran dimulai tanggal 18 Oktober 2010 hingga 11 Desember 2010 dan bersifat GRATIS tidak dipungut bayaran.





Types of Competition

I. ON-LINE VOTE & BABAK KUALIFIKASI FOTO HUNTING

Sub-Tema : “Kehidupan di Sekitar Kita”


Melalui tema ini, anda diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kondisi kehidupan di sekitar lingkungan dimanapun anda berada dipandang dari aspek-aspek People dan Landscape

  • Lansekap
    Foto-foto yang obyeknya adalah pemandangan alam yang unsur utamanya berupa unsur-unsur tak hidup seperti tanah, air, langit atau kombinasi ketiganya
  • Orang
    Foto-foto dengan obyek manusia, baik secara individual maupun kelompok, yang menonjolkan unsur personality obyek foto dan ditujukan untuk menampilkan mood dan kegiatan dari obyek foto.

A. KATEGORI I : UMUM

  1. Jenis Foto BW/COLOR, teknik foto bebas (digital/analog).
    Memperebutkan 3 Juara Lomba Online-Vote.
  2. Jenis Foto BW/COLOR, teknik foto bebas (digital/analog).
    Memperebutkan (melalui sistem penjurian) 10 buah tiket keikutsertaan dalam lomba Babak Final HUNTING TRIP di Nias dan 10 buah External Hardisk Nexto ND 2700. tanggal 5-9 Januari 2011 atau 12-16 Januari 2011

B. KATEGORI II : JURNALIS

  1. Jenis Foto BW/COLOR, teknik foto bebas (digital/analog).
    Memperebutkan (melalui sistem penjurian) 10 buah ticket keikutsertaan dalam lomba Babak Final HUNTING TRIP di Nias dan 10 buah External Hardisk Nexto ND 2700, tanggal 5-9 Januari 2011 atau 12-16 Januari 2011

II. BABAK FINAL FOTO HUNTING

Sub Tema : “Gambara (gambar) Nias Di Mata Kamera”


Melalui tema ini, Anda diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai realitas sosial yang ada di NIAS 6 Tahun Pasca TSUNAMI.

Jenis Foto BW/COLOR, teknik foto bebas (digital).

Memperebutkan juara Best People, Best Landscape, Best Photo Essay, dan Best of the Best . Sementara itu juga diadakan workshop photography realitas sosial bersama Putu Wijaya dan para Juri yang berlangsung di Nias.

  • Lansekap
    Foto-foto yang obyeknya adalah pemandangan alam yang unsur utamanya berupa unsur-unsur tak hidup seperti tanah, air, langit atau kombinasi ketiganya
  • Orang
    Foto-foto dengan obyek manusia, baik secara individual maupun kelompok, yang menonjolkan unsur personality obyek foto dan ditujukan untuk menampilkan mood dan kegiatan dari obyek foto.
  • Esai Foto
    Serangkaian foto-foto yang bermaksud untuk menceritakan atau berusaha membangkitkan serangkaian emosi dari orang-orang yang melihatnya.
  • Best of The Best
    Juara dari nilai overall Foto-Foto dengan aspek-aspek People, Lansekap, Photo Essay.

Prizes

A. Lomba Foto Online-Vote (NetFoto)

Memperebutkan 3 buah Tas Kamera KATA KT 3N1-20 Sling Backpack

B. Lomba Foto Hunting Trip

  • Best of Best (OEGROSENO PRIZE) : memperebutkan hadiah Tas Bilingham Classic 550, Tripod GITZO GT 1541 Mountaineer 6x, GITZO Center Ball Head GH1780QR + Uang Tunai + Trophy. Total hadiah Rp. 50.000.000,-
  • Best Essay, Best People dan Best Lansekap : memperebutkan 3 buah MacBook Pro 13-inch + Uang Tunai + Trophy. Total hadiah @ Rp. 20.000.000,-

Pengumuman Pemenang diumumkan pada tanggal 29 Januari 2011 bertempat di NIAS dan juga dapat dilihat melalui website kepanitiaan www.lombafotoniasbangkit.com dan www.nias-bangkit.com serta pemberitahuan langsung ke pemenang melalui email dan/atau telepon.


Schedule


  • Pendaftaran & Pelaksanaan Lomba Foto Online-Vote & Lomba Foto Hunting Trip, 18 Oktober 2010 - 11 Desember 2010

  • Penjurian Online-Vote & Babak Kualifikasi Lomba Foto, 12 - 25 Desember 2010

  • Pengumuman Pemenang Lomba Foto Online Vote dan Pemenang Babak Kualifikasi, 26 Desember 2010

  • Babak Final Lomba Foto Hunting Trip, 5 - 9 Januari 2011 atau 12 - 16 Januari 2011

  • Penjurian Babak Final, 16 - 28 Januari 2011

  • Pengumuman Pemenang Lomba Foto Hunting Trip, 29 Januari 2011


General Provisions


  1. Lomba ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan umum baik itu fotografer amatir maupun fotografer professional, para jurnalis dari dalam negeri maupun luar negeri kecuali karyawan KREASI MEDIA SOLUSI, karyawan di POSKO DELASIGA, dewan juri dan siapapun yang berkaitan dengan promosi event ini.


  2. Dengan dimulainya event ini, peserta menyetujui :

    • Untuk mematuhi semua aturan yang berlaku

    • Apabila memenangi lomba maka nama lengkap dan alamat pemenang akan diumumkan

    • Pemenang akan masuk dalam media promosi yang digunakan oleh KREASI MEDIA SOLUSI dan POSKO DELASIGA sesuai dengan kebutuhan promosi yang dibutuhkan


  3. Ikuti instruksi pendaftaran kompetisi dengan seksama dan hati-hati, memperhatikan dengan jelas tanggal penutupan pendaftaran yang telah ditentukan. Penerimaan pendaftaran peserta dan foto yang akan diikutkan dalam lomba melewati tanggal penutupan pendaftaran maka tidak akan dilayani.


  4. Peserta harus menyertakan data nama lengkap peserta, alamat lengkap dan nomor telephone yang bisa dihubungi setiap saat kepada panitia.


  5. Hanya peserta yang sudah sesuai dengan aturan berlaku pada kompetisi ini yang diperbolehkan ikut serta.


  6. Keputusan pemenang lomba oleh panitia adalah keputusan final dan tidak bisa diganggu gugat.


  7. Panitia berhak untuk mengubah persyaratan peraturan ini atau untuk membatalkan, mengubah atau menyesuaikan kompetisi lomba foto ini pada tahap apapun, jika perlu dibuatkan dalam sebuah opini, atau jika timbul kondisi diluar kendali.


  8. Jika pemenang tidak dapat dihubungi dalam waktu 2 minggu dari tanggal pengumuman pemenang lomba, panitia berhak untuk mengalihkan hadiah kepada Pemenang Kedua, atau dialihkan kembali sebagai hadiah disegala macam kompetisi/event dimasa depan.



  9. Panitia tidak ikut termasuk berkewajiban dalam ketentuan hukum untuk setiap kerusakan, kerugian, atau cedera yang terjadi ke peserta yang timbul dalam kompetisi atau terjadi terhadap pemenang yang timbul dari penerimaan hadiah tersebut.


  10. Panitia tidak diwajibkan untuk membayar atau menimbulkan jumlah kepada orang atau badan hukum sebagai dari penggunaan kita atau eksploitasi dari berbagai unsur yang masuk ke dalam kompetisi.


  11. Penilaian disesuaikan dengan tema lomba. Panitia tidak menerima hasil karya foto yang bukan karya sendiri, melanggar hukum, mengandung unsur SARA , kekerasan, dan pornografi.


  12. Karya foto yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri, belum pernah dipublikasikan, dan belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi tingkat nasional atau internasional.


  13. Foto yang diikutsertakan dalam lomba online-vote adalah hasil foto kamera digital atau kamera analog (kamera film). Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto tanpa mengubah keaslian objek (sharpening, cropping, color balance, dan saturasi warna). Tidak diperkenankan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto atau menghilangkan/ mengubah elemen-elemen dalam satu foto.


  14. Untuk kepentingan pemeriksaan keabsahan keaslian film, pemenang yang menggunakan media film diwajibkan menyerahkan film negatif asli (bukan reproduksi) sebelum penyerahan hadiah hasil pemenang. Sedangkan penggunan media digital diwajibkan menyerahkan hasil karyanya dalam bentuk CD ( minimal ukuran image 3 mega pixel).


  15. Hasil Karya yang diikutkan dalam perlombaan adalah tanggung jawab peserta sendiri, pihak penyelenggara tidak melayani segala bentuk tuntutan.


  16. Tidak diadakan surat menyurat tentang hal-hal yang berkaitan dengan penjurian lomba ini. Peserta yang melakukan hal-hal yang melanggar aturan lomba akan didiskualifikasi. Panitia lomba tidak wajib mempublished foto yang diupload oleh para peserta apabila panitia menganggap bahwa hasil karya foto tersebut tidak memenuhi kriteria teknis dan tema yang ditentukan oleh panitia.


  17. HAK CIPTA, Hak cipta melekat pada fotografer, namun Panitia Lomba Foto “ GAMBARA Nias Bangkit Photo Competition 2010” diberikan hak untuk mempublikasikan semua foto yang masuk nominasi untuk kepentingan pameran foto, penyusunan buku ataupun barang-barang promosi lainnya yang ditujukan guna kepentingan yang terkait dengan itu oleh POSKO DELASIGA. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga bila foto digunakan untuk kepentingan komersial.


  18. PAJAK, Pajak (PPh) hadiah dan biaya yang berkenaan dengan hadiah ditanggung pemenang.


  19. Tanggung Jawab


    • Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala kerusakan yang timbul selama pengiriman materi lomba melalui internet dan segala masalah yang timbul diluar kekuasaan panitia seperti masalah yang berkaitan dengan jaringan computer, penularan virus computer atau akses komputer yang tidak sah.


    • Setiap peserta memilki hak dan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh karya foto yang diikutsertakan. Panitia tidak bertangggung jawab terhadap keluhan atau tuntutan dari pihak ketiga yang merasa dirugikan oleh karya foto yang dikirim oleh peserta lomba dan peserta wajib untuk mengganti rugi pihak yang dirugikan dan membebaskan panitia dari segala tuntutan.


  20. Hak Peserta


    • Peserta tetap memiliki hak cipta karya fotonya, tetapi panitia memiliki hak yang tersebut dibawah ini dalam paragraph ’Hak Panitia’.


  21. Hak Panitia


    • Panitia, cabang dan rekanannya memiliki hak penuh untuk mempublikasi,memproduksi, memamerkan, menyebarkan, menampilkan di layar seluruh foto-foto pemenang di website, pameran foto, atau media lain yang berada dibawah manajemen panitia untuk kepentingan promosi POSKO DELASIGA. Dalam penggunaan foto-foto pemenang tersebut, panitia memiliki hak untuk melakukan tanpa permohonan izin terlebih dahulu kepada pemenang dan tanpa menawarkan kompensasi dalam bentuk apapun.


    • Panitia, cabang dan rekanan memiliki hak untuk memajang beberapa atau keseluruhan karya foto pemenang dengan sentuhan efek tambahan seperti grafis komputer, efek suara atau musik di website yang diatur oleh panitia, cabang dan rekanan dan untuk memproduksi beberapa atau keseluruhan bagian karya foto pemenang untuk materi promosi yang bertujuan mempromosikan program-program acara, pameran foto. Pemenang tidak dapat menggunakan haknya terhadap karya foto pemenang yang digunakan.


    • Bila dikemudian hari peserta melakukan pelanggaran atas persyaratan lomba yang disebutkan oleh panitia, peserta akan didiskualifikasi dan tidak akan diikutsertakan dalam penjurian. Panitia berhak menarik kembali status pemenang dan hadiah dimana pemenang dinilai panitia tidak layak.


    • Seluruh syarat dan ketentuan yang berhubungan dengan lomba berdasarkan atas persyaratan menurut hukum Indonesia. Bila peserta berasal dari luar Indonesia, maka peserta akan ditinjau dari Hukum Indonesia.


    • Panitia tidak bertanggung jawab untuk memastikan formulir pendaftaran dan data informasi personal peserta tidak bertentangan dengan dengan hukum dan peraturan dimana peserta mendaftarkan diri. Untuk alasan tersebut diatas, seluruh tanggung jawab yang timbul sehubungan dengan formulir pendaftaran sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.


    • Bila terjadi perselisihan antara peserta dan panitia, maka akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta, Indonesia.


  22. Hak Cipta


    • Dengan mengisi formulir “Lomba Foto GAMBARA Nias Bangkit Photo Competition 2010”, Peserta mengizinkan POSKO DELASIGA dan KREASI MEDIA SOLUSI, tanpa biaya, izin untuk menggunakan materi dalam berbagai cara (termasuk memodifikasi, mengadaptasi untuk tujuan operasional dan editorial) untuk penggunaan media web secara mendunia (termasuk website Penyelenggara yang dapat diakses oleh pengguna internasional) dengan ukuran tertentu dalam waktu 1 tahun terhitung sejak diluncurkannya GAMBARA Nias Bangkit Photo Competition 2010.


    • Dengan berpartisipasi dalam “Lomba Foto GAMBARA Nias Bangkit Photo Competition 2010”, Peserta menyetujui untuk menjamin kedua pihak tersebut diatas izin, bebas royalty untuk mempublikasi dan penggunaan lainnya materi lomba dalam berbagai cara dan di media-media yang berhubungan dengan lomba dan promosi lainnya yang berkaitan dan untuk penggunaan editorial termasuk untuk penggunaan media web (termasuk website Penyelenggara yang dapat diakses oleh pengguna internasional) dengan ukuran tertentu dalam waktu 1 tahun terhitung sejak diluncurkannya “Lomba Foto GAMBARA Nias Bangkit Photo Competition 2010”.


    • Karya foto yang dilombakan di “Gambara Nias Bangkit Photo Competition 2010”, akan digunakan keperluan lomba dan kegiatan promosi dan editorial yang berhubungan dengan lomba yang dilakukan oleh POSKO DELASIGA (atau Kreasi Media Solusi) serta penggunaan di media web pihak POSKO DELASIGA (Kreasi Media Solusi) dengan ukuran tertentu dalam waktu 1 tahun terhitung sejak diluncurkannya “Lomba Foto GAMBARA Nias Bangkit Photo Competition 2010”.


    • Penting untuk dicatat adalah Peserta tetap memiliki hak cipta atas semua yang dikontribusikan dalam “Lomba Foto GAMBARA Nias Bangkit Photo Competition 2010” dan nama fotografer akan selalu dicantumkan dalam setiap kegiatan publikasi. Hak Cipta tetap milik peserta dan izin ini tidak ekslusif, sehingga peserta dapat tetap menggunakan materi yang dilombakan termasuk pemberian izin kepada pihak ketiga.


    • POSKO DELASIGA dan KREASI MEDIA SOLUSI dapat menggunakan karya peserta dan oleh karena itu Peserta harus mengkonfirmasi bahwa karyanya adalah karya asli milik peserta dan tidak bertentangan dengan hukum Indonesia yang berlaku, dan peserta memiliki hak untuk memberikan izin untuk tujuan tersebut diatas.


    • Dengan mengikuti lomba, peserta akan diikat untuk menyetujui seluruh peraturan lomba.


    • Penyelenggara akan menampilkan nama peserta disetiap karya foto kecuali ada permintaan sebaliknya, tetapi untuk kebutuhan operasional tidak selalu dimungkinkan. Penyelenggara akan menghubungi peserta untuk tujuan pengurusan admnistrasi atau verifikasi yang berhubungan dengan karya peserta.


    • Dalam kegiatan pemberitaan, mohon dicatat bahwa kegiatan ini akan melibatkan pihak ketiga dimana pihak ketiga tersebut tidak diperbolehkan untuk memanfaatkan materi-materi lomba dengan cara apapun.


    • Bila Peserta tidak dapat menjamin untuk memberikan izin terhadap point-point diatas, Peserta diharapkan tidak mendaftarkan diri.

Works Format

  1. Jumlah karya foto setiap peserta adalah maksimal 5 buah karya foto untuk masing-masing kategori jenis kompetisi yang diikuti. Setiap peserta di perbolehkan untuk mengikuti seluruh kategori perlombaan.

  2. Ukuran maksimal per image adalah: 500kb (maksimal panjang / lebar 1.024 piksel, resolusi 150 dpi).

  3. Foto dikirim dalam format JPEG dengan upload melalui website www. lombafotoniasbangkit.com secara online dengan melakukan ”REGISTER” terlebih dahulu dengan membaca secara seksama dan mengisi secara lengkap kolom deskripsi pada form submit foto (upload) dengan informasi mengenai deskripsi karya foto, jenis kamera, lensa, exposure, speed, dll.

  4. Soft copy hasil foto digital atau hasil dipindai (scan) foto kamera analog untuk lomba foto online-vote dan babak kualifikasi lomba foto hunting harus diserahkan ke panitia dengan foto yang ber-resolusi tinggi untuk keperluan produksi dan pameran yang berhubungan dengan kegiatan lomba.

  5. Format penamaan file: (judul foto)_(nama fotografer).jpg

  6. Karya foto yang diupload disertai informasi :

    • Identitas peserta: nama lengkap, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat email.
    • Judul Foto.
    • Lokasi dan tanggal pemotretan.
    • Keterangan Foto (sekitar 30 kata)
    • Spesifkasi peralatan untuk pemotretan
    • Foto yang dapat diikutsertakan adalah hasil pemotretan tahun 2009-2010

  7. Karya foto yang telah didaftarkan tidak akan dikembalikan dalam kondisi apapun.

  8. Peserta tidak akan mendapatkan surat konfirmasi pendaftaran

  9. Image yang masuk/yang telah dikirim akan diterima sebagai peserta lomba bila telah memenuhi persyaratan yang disebutkan diatas.

  10. Seluruh data yang dikirimkan melalui internet, termasuk data foto, data personal akan diatur oleh pihak KREASI MEDIA SOLUSI dengan petunjuk dari penyelenggara acara.

Registration

Seluruh foto yang di upload baru akan ditampilkan di website resmi Lomba Foto Gambar Nias Bangkit 2010 mulai tanggl 12 Desember 2010. (Form Registration)

Sumber : www.lombafotoniasbangkit.com

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails