Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Keraton Kaibon, Sebuah Eksotika Masa Lalu

Keraton Kaibon merupakan salah satu bangunan utama pada masa Kesultanan Banten (1526-1684), terpisah dari kompleks Keraton Surosowan sebagai pusat pemerintahan. Hal ini merupakan tradisi masyarakat Jawa dimana Keraton Kaibon merupakan tempat tinggal para istri (Ratu) dan Putri-putri Kesultanan. Dengan kata lain yang lebih populer bahwa Keraton Kaibon adalah Keputrennya Kesultanan Banten. Terletak kurang lebih 2 km dari Pusat Pemerintahan Keraton Surosowan yang dikelilingi persawahan dan jalur transportasi sungai (atau lebih tepatnya kanal khusus yang dibuat pada waktu itu).


Papan nama Keraton dan Pintu Gerbang Utama

Keraton Kaibon menghadap ke Barat (ke Keraton Surosowan/Masjid Agung Banten) yang didepannya terdapat kanal sebagai sarana transportasi menuju dan ke Keraton Surosowan. Kini, reruntuhan Keraton menjadi pusat bermain bagi anak-anak masyarakat lingkungan sekitar, seperti bermain bola atau sekedar tempat nongkrong. Sehingga tempat bersejarah ini dikawatirkan akan mengalami kerusakan yang lebih cepat bila tidak diisolasi layaknya peninggalan sejarah.

Berikut beberapa gambar yang diabadikan di awal Januari 2011.








Generasi sekarang dan masa depan sudah selayaknya untuk diperkenalkan dengan sejarah leluhurnya sehingga memiliki kecintaan akan negerinya yang pernah jaya dan besar dimasa silam. Untuk sejarah Kesultanan Banten dapat dibaca pada postingan Sejarah Singkat Kesultanan Banten.

1 comments:

KSM TOUR mengatakan...

artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya, terima kasih

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails