Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Lintas Alam Curug Putri III Pandeglang Banten, 12 Desember 2010

Tim Alap-Alap Kesbangpol Banten,
Kika: Ubung Sujadi, Ayi Mansur, Tb. Bahrumsyah, Encep Hartono, Me

Setelah diundur beberapa kali oleh pihak panitia, akhirnya Lomba Lintas Alam Curug Putri III yang berlokasi di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten pun akhirnya dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2010. Curug Putri berada di lereng Gunung Pulosari Pandeglang, bila kita berjalan dari Kota Pandeglang menuju Mandalawangi terus dan nanti akan ketemu Papan Nama Wisata Curug Putri belok kanan.

10.00 WIB pelepasan Peserta pertama dimulai, dibuka dan dilepas secara resmi oleh Gubernur Banten, Hj. Ratu Atut Chosiyah dan didampingi oleh Pejabat Bupati Pandeglang, Asmudji HW. Perkiraan peserta yang ikut mencapai 400 orang (80 tim, setiap tim terdiri dari 5 orang). Ini melebihi target 200 orang (40 tim), artinya antusias peserta terhadap lomba ini sangat luar biasa. Diikuti dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, komunitas pecinta alam, pelajar, pramuka, hingga instansi pemerintah seperti dinas-dinas/SKPD, perusahaan swasta dan BUMN, militer dan kepolisian, dan lain sebagainya.



Pelepasan Peserta Lomba oleh Gubernur Banten dan Tim Alap-Alap Kesbangpol Banten.

Dalam lomba ini terdapat 5 Pos yang harus dilalui, Pos 1 merupakan pos pemberangkatan dengan membawa satu bibit tanaman melewati pos ini dan mengambil konsumsi makanan ringan untuk diperjalanan, selanjutnya perjalanan lintas alam sesungguhnya dimulai, jalur yang dilewati mendaki dan beberapa track sedikit curam sehingga diperlukan kehati-hatian. Kemudian melewati persawahan berundak-undak dan menyusuri hutan kembali. Sebelumnya melapor ke Pos 2, disini ada pengecekan kekuatan tim dan diberi soal tertulis untuk diisi dan diserahkan di Pos 3.

Perjalanan dilanjutkan menuju Pos 3 dimana Curug Putri berada, setelah melapor dan menyerahkan Soal dan jawabannya peserta diperkenankan untuk istirahat sambil menikmati suasana curug (air terjun) nan indah dan asri. Kesempatan ini tidak disia-siakan untuk bebersih dan cuci muka, sungguh segar terasa setelah berpeluh mendaki kini air dingin yang membasuh muka. Momen ini juga digunakan untuk berfoto ria sebagai kenang-kenangan telah menikmati suasana Curug Putri ini.


Nuansa Panorama Curug Putri Pandeglang

Pos 3 merupakan ujung dari Lintas Alam ini, selanjutnya menuju Pos 4 yang merupakan jalan kembali ke garis Finish. Dari Pos 3 ke Pos 4 tidak terlalu jauh dan jalan yang ditempuh merupakan turunan sehingga tidak menguras energi yang terlalu besar. Dari Pos 1 hingga Pos 3 waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam dengan kondisi jalan mendaki terus, sedangkan jalur untuk turun lebih pendek dan berbeda dengan jalur pendakian.

Di Pos 3 menuju Pos 4 kembali diberi soal, kali ini khusus mengenai pengetahuan tentang ruang lingkup kehutanan dan penanaman pohon. Setibanya di Pos 4, setelah melapor dan menyerahkan soal dan jawabannya kepada pihak panitia, selanjutnya adalah penilaian proses penanaman dengan bibit yang telah dibawa sejak di Pos 1 (start) tadi. Dengan dilihat dan dinilai oleh Panitia, proses penanaman pun berjalan lancar dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Pos 5 yang merupakan akhir dari Lomba Lintas Alam ini.


Proses Penanaman Pohon Lindung

Akhirnya sampailah di garis Finish (Pos 5), setelah melapor ke panitia hal pertama yang dilakukan adalah istirahat sekaligus bersih-bersih. Seharusnya setelah ini ada upacara penutupan sekaligus pengumuman hasil lomba, tetapi karena hari sudah siang dan penat terasa, Tim Alap-Alap pulang saja menuju Serang. Demikianlah perjalanan trip kali ini, mengikuti lomba sekaligus menyalurkan hobby ....



Keesokan harinya kami mendapat kabar dari panitia bahwa tim kami memperoleh Juara Harapan Tiga, kategori penilaian yang membuat kami bagus adalah kekompakan tim, yel-yel, dan seragam, sedangkan yang kurang adalah keterlambatan tiba di garis finish. Hal ini kami akui karena kelamaan di Curug Putri (Pos 3) - asik berfoto ria ... he3x ... ;-)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails