Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

NGI Foto Kita Award 2011



Penduduk dunia segera mencapai 7 miliar jiwa. Bahkan, pada 2045 akan menembus 50 miliar jiwa, begitu prediksi PBB. Sanggupkah Bumi yang kian renta menopang beban tersebut dengan air tanahnya yang kianmenipis, hutannya yang kianhilang, serta gletsernya yang tak henti mencair?

Populasi menjadi tema besar yang diusung National Geographic Indonesia(NGI) tahun ini. Melalui serangkaian artikel dengan tema terkait populasi sepanjang 2011, NGI berupaya membuka jendela kesadaran kita akan tantangan dan peluang dari pertumbuhan populasi manusia.

Untuk menyemarakkan tema besar ini, NGI juga menyelenggarakan Fotokita Award, sebuah kontes foto online prestisius yang bisa diikuti oleh semua kalangan, tanpa biaya apa pun. Fotokita Award berlangsung sepanjang 2011, dibagi menjadi beberapa periode penjurian.

Ikutilah lomba. Bacalah artikel-artikel tentang populasi di majalah NGI, simaklah foto-fotonya, dan dapatkan inspirasi untuk merekam jejak populasi kita di lingkungan kita sendiri dengan kamera Anda! Lihat Aturan Lomba untuk informasi lebih detail.

Selamat berkompetisi!

Kategori

Foto kisah (photo story)
Seri foto yang berisi 5 sampai 11 foto yang terangkai menjadi sebuah kisah terkait populasi.

Foto tunggal
Foto tunggal yang menggambarkan kondisi populasi.


Hadiah

Kategori Foto Kisah (photo story)
Juara 1. Rp. 40.000.000
Juara 2. Rp. 25.000.000
Juara 3. Rp. 10.000.000

Kategori Foto Tunggal
Juara 1 Rp7.000.000
Juara 2 Rp5.000.000
Juara 3 Rp3.000.000

Tahap Penyisihan

Foto yang dinominasikan akan diterbitkan di Majalah National Geographic Indonesia serta memperoleh sertifikat dan dipamerkan pada akhir tahun.

Voting

Dalam setiap periode akan dipilih 4 voter yang pilihannya sesuai/sama dengan pilihan juri di periode tersebut, dan masing-masing akan mendapat Rp 200.000. Setiap voter hanya boleh memilih 3 foto di setiap tahap penyisihan. Voter yang telah memilih di satu periode diperbolehkan memilih lagi di periode lainnya.

Pastikan Anda login terlebih dahulu sebelum memberikan voting agar identitas Anda tersimpan di sistem kami.

Jadwal

Periode I: Januari-Maret
Periode II: Maret-Juni
Periode III: Juni-September
Periode IV: September-Desember
Final: Desember

Di setiap akhir periode, akan ada pemilihan 5 nomine Foto Esai dan 10 nomine Foto Tunggal. Pada final di bulan Desember, akan terkumpul 20 Foto Esai dan 40 Foto Tunggal. Penjurian final akan memilih 3 Foto Esai dan 3 Foto Tunggal terbaik.

Juri

Didi Kasim (National Geographic Indonesia)
Reynold Sumayku (National Geographic Indonesia)
Yudhi Soerjoatmojo (The British Council)
Oscar Motulloh (Antara)
Ray Bachtiar (KLJ Indonesia)

Syarat

Fotokita Award 2011 berlangsung selama satu tahun, mulai Januari 2011 sampai Desember 2011. Dengan mengirimkan foto ke dalam lomba ini, setiap kontestan setuju untuk mematuhi aturan Fotokita Award dan menjamin kalau foto yang dikirimkan sesuai dengan aturan.

Peserta

Fotokita Award 2011 terbuka bagi semua orang warga negara Indonesia yang sudah menjadi anggota di Fotokita.net (www.fotokita.net). Karyawan National Geographic Indonesia dan keluarga intinya (pasangan, orang tua, anak, adik, atau kakak) tidak diperkenankan mengikuti kontes ini.

Pengiriman Foto

Setiap foto yang hendak diikutsertakan dalam lomba diupload ke situs web Fotokita.net (www.fotokita.net) dan dimasukkan ke dalam Grup Fotokita Award 2011. Foto harus sesuai dengan ketentuan aturan upload foto di Fotokita.net.

Foto tunggal
Setelah foto di-upload dan disetujui untuk tampil dalam Fotokita.net, buka halaman foto tersebut. Klik “FK Award” yang ada di “Tambah foto ini ke dalam event dan/grup berikut:”

Foto kisah (photo story)
Upload Kisah yang terdiri dari beberapa foto. Setelah semua foto di-upload, klik “FK Award” di halaman Kisah.

Pengirim foto diharapkan sudah melengkapi informasi profil di Fotokita.net. Informasi yang dimaksud adalah nama, alamat, nomor telepon, serta alamat e-mail.

Foto yang dikirim tidak boleh foto yang sudah pernah memenangi penghargaan dalam kontes apa pun.

Penyuntingan minor, seperti cropping, koreksi brightness/contrast, burning (terbatas), dodging (terbatas), koreksi warna, masih bisa diterima. Penggunaan lensa fisheye juga masih diperbolehkan. Foto high dynamic range (HDR) dan foto panorama juga diperbolehkan apabila setiap bagian yang membangun foto tersebut dibuat pada waktu “bersamaan”.

Foto harus merupakan hasil karya yang orisinal yang dibuat oleh peserta. Foto yang dimasukkan ke dalam kontes tidak boleh bermasalah dengan hak cipta, merek dagang, moral, privasi dengan seseorang atau institusi. Foto tidak boleh mengandung pornografi serta fitnah dan kebencian.

MODEL RELEASE & PROPERTY RELEASE

Ketika diminta, setiap pengirim foto (fotografer) bertanggung jawab untuk menyediakan bukti tertulis bahwa subyek fotonya (manusia yang ditampilkan wajahnya secara jelas atau menjadi bagian terbesar dalam frame foto) telah mengizinkan bahwa foto yang memuat dirinya itu diikutkan lomba dan dipublikasikan. Hal yang sama berlaku apabila subjek/objek fotonya adalah properti atau hasil karya intelektual (milik orang/lembaga/atau instansi tertentu).

Unduh contoh model release di sini.

Lisensi

Dengan mengirimkan foto ke kontes, pengirim setuju memberikan hak non-eksklusif kepada National Geographic Indonesia untuk memperbanyak, mendistribusikan, serta menayangkan foto untuk keperluan Fotokita Award 2011. Untuk penggunaan foto di luar Fotokita Award 2011, National Geographic Indonesia akan memberikan informasi lebih lanjut.

Pengumuman pemenang

Pemenang akan diumumkan di Fotokita.net dan majalah National Geographic Indonesia pada setiap akhir periode dan di akhir kontes.

Sumber: http://fotokita.net/event/fk-award

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails