Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Indonesia For Coral Day, 30 April 2011



Saya mendapat informasi penting dalam rangka penyelamatan terumbu karang di Indonesia, oleh karena itu, berkenan info tersebut saya posting dalam rangka ikut menyebarluarkan hal-hal yang positif ini, berikut email selangkapnya:

"Hai teman-teman backpacker,saya mau bagi2 informasi mengenai acara Coral Day. siapa tau ada diver yg minat ikutan atau ada yang lagi ke Belitung di hari yang sama. semoga berkenan ya.

Coral Day merupakan sebuah gerakan untuk menyelamatkan terumbu karang, yang digaungkan pertama kali bersamaan dengan Hari Bumi tanggal 22 April 2010. Pada tahun tersebut, berpusat di desa Serangan, Bali, Coral Day dilakukan pada beberapa lokasi: Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Pangandaran, Desa Les Bali, dan Kendari. Coral Day diharapkan akan
menjadi gerakan lingkungan yang membangkitkan kembali martabat Indonesia sebagai negara kepulauan, yang selama ini selalu muncul di media tentang kerusakan lautnya akibat sistem pengawasan dan penegakan hukum yang lemah.

Coral Day muncul dari inisiatif individu-individu yang ingin memperbaiki kondisi terumbu karang Indonesia.

Tahun ini, puncak acara Coral Day akan dilaksanakan di Belitung, 30 April 2011. Mengapa di Belitung? Sejak dulu Belitung terkenal dengan potensi tambang timahnya. Eksploitas tambang yang "sporadis" meninggalkan luka yang sulit disembuhkan. Setelah di darat, keinginan untuk menambang timah di laut dengan kapal isap yang mulai banyak dioperasikan. Sudah terdapat lebih dari 100 kapal isap yang beroperasi di Pulau Bangka mengakibatkan laut Bangka menjadi keruh, terumbu karang mati tertutup sedimen dan nelayan sulit mencari ikan.

Coral Day 2011 di Belitung diharapkan menjadi momentum penyadaran berbagai pihak untuk bersatu menyelamatkan terumbu karang. Untuk itu, Coral Day 2011 mengajak semua pihak untuk berpartisipasi. Akan ada aksi adopsi dan transplantasi karang serta pembuatan coral garden, berbagai acara lain seperti pemutaran film, pelepasan tukik, festival
layang-layang dan lain-lain.

Facebook: Indonesia for Coral Day

Twitter: @CoralDay2011

Untuk suksesnya penyelenggaraan Coral Day, kami mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi. Untuk penyelam bisa berpartisipasi menjadi volunteer diver, volunteer UW fotografer pada saat puncak acara di Belitung. Sumbangan dana untuk adopsi karang juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk berpartisipasi.

Untuk volunteer panitia menyediakan konsumsi dan penginapan di Belitung dari tanggal 29 April hingga tanggal 1 Mei siang serta tabung. Peralatan selam dan transportasi PP Belitung harap ditanggung volunteer.

salam

Sheila Kartika

P.S: jangan sungkan untuk mengajak teman-teman dan membagi informasi ini ya. :)

untuk briefing volunteer akan dilaksanakan pada 29 April 2011 di Belitung, informasi tempat akan menyusul. Balasan formulir pendaftaran ditunggu paling lambat tanggal 15 April 2011 pk 24:00 WIB."

(email dr Sdri. Sheila Kartika yang ditujukan kepada jalanbareng@groups.facebook.com)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails