Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Dawet Hitam Manis Purworejo





Bila Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Yogyakarta via jalur selatan, baik dari Bandung maupun Purwokerto atau sebaliknya, Anda pasti melewati salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang bernama Purworejo. Memang kondisi jalan saat ini (pada saat penulis melewati jalur ini di akhir bulan Mei 2011) tergolong rusak ringan dan berat, sebaiknya hati-hati saja bila ingin melewati jalan tersebut pada malam hari pada saat-saat sekarang ini, mudah-mudahan pada musim liburan arus mudik lebaran 2011 ini sudah mulus kembali.

Nach, kembali ke cerita ... pada jalur jalan Purworejo ini, di kiri dan kanan jalan akan ditemui saung-saung, atau gubuk-gubuk kaki lima yang menjajakan minuman khas Purworejo, yaitu "Dawet Hitam" ... Tidak seperti biasanya, dawet atau lebih dikenal dengan jendol berwarna hijau atau beberapa daerah bahkan merah muda, maka di Purworejo dawet/jendolnya berwarna hitam, sayang ngak sempet nanya-nanya bahan bakunya sehingga berwarna hitam. Mungkin dari pembaca yang mengetahuinya dapat berkomentar di bawah tentang bahan baku dan cara pembuatannya, sebelumnya terima kasih atas masukannya.

Disajikan menggunakan mangkok kecil, parutan es, santan dan gula merah sebagai pemanisnya, berikut dimasukkan tape ketan berwarna hijau sebagai pemanis dan memang manis rasanya, sehingga diberi nama "Dawet Hitam Manis". Bila Anda melewati jalur ini, pastikan menikmati minuman khas Purworejo ini, pasti maknyuuuuuuusss ....... !!!

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails