Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Road to Mekarsari 2011: SD Islam Tirtayasa Serang, 15 Juni 2011




Tahun Ajaran 2010-2011 sudah berakhir, Ujian Nasional dan Ujian Akhir Semester pun sudah usai, waktunya bersenang-senang dan menjelang liburan tiba maka diadakan kegiatan berwisata bersama para siswa, guru-guru dan orang tua siswa.

Tahun ini, SD Islam Tirtayasa Serang memilih lokasi Taman Wisata Mekarsari di Cibubur Kabupaten Bogor. Dulu namanya Taman Buah Mekarsari, karena dirumah mainsetnya menjadi wahana hiburan keluarga dengan berbagai fasilitas yang ada, maka namanya di rubah menjadi Taman Wisata Mekarsari (Mekarsari Amazing Tourism Park). Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Km.3 Cileungsi Bogor.



Sesuai dengan rencana, tanggal 15 Juni 2011 merupakan hari yang dipilih untuk melakukan wisata bersama ini. Yach ... bagi orang tuanya bekerja sehubungan dengan tanggal ini adalah hari kerja mau ngak mau izin dulu, seperti Saya ... ;-). Jam yang ditentukan untuk kumpul yaitu jam 07.00 WIB bertempat di Sekolahan, seperti biasa, dan sesuai dengan rencana pula 07.00 WIB 'pasukan' sudah disiapkan untuk memasuki bis masing-masing sesuai dengan kelompok yang telah di bagi, seluruhnya ada 11 bis, menggunakan bis pariwisata Jaya Perkasa/Armada.

Perjalanan pun diawali melalui jalur Ciruas terus masuk pintu tol Ciujung, jalur ini dipilih sehubungan dengan kalo masuk Pintu Tol Serang Timur sedang ada perbaikan di jalur tersebut yang menghambat laju kendaraan. Selanjutnya menempuh perjalanan melalui Tol Kota Jakarta dan langsung menuju Tol Ciawi dan keluar di PIntu Tol Cibubur.

Jam 11.00 WIB kurang rombongan sampai di Mekarsari, dan bis kita (bis 4) merupakan rombongan pertama yang sampai di lokasi, entah kenapa itu bisa terjadi. Sambil menunggu rombongan lain, siswa yang telah sampai ini diarahkan menuju tempai informasi sekaligus istirahat dan mempersiapkan segala sesuatunya. Setelah rombongan lainnya sampai, seluruhnya di kumpulkan di tempat tunggu informasi untuk diberi pengarahan dan rencana trip di Mekarsari ini.

Untuk para orang tua dipersilahkan mendahului menuju zona Taman Rekreasi di dekat danau menggunakan kereta yang telah disediakan. Sedangkan untuk para siswa dan para guru menggunakan kereta yang berbeda karena mempunyai agenda tersendiri dari pihak pengelola Mekarsari, sesuai dengan agenda wisata dan berpetualang di taman ini, seperti menanam, berkebun, keliling wahana kebun buah, dan lain sebagainya.




Sementara siswa mengikuti agenda yang sudah di jadwalkan tersebut, para orang tua menunggu dengan sabarnya di tenda Taman Rekreasi sambil menikmati berbagai wahana yang ada. Makan siang pun dilalui dengan nasi kotak dan tak lama dari itu, para siswa sudah usai mengikuti berbagai agenda dan makan siang bersama.

Usai makan siang ini, acara dilanjutkan dengan agenda bebas, maksudnya seluruh siswa dan orang tua dipersilahkan menikmati wahana yang ada sampai dengan jam 14.00 WIB. Seperti biasa, untuk Rara (anakku yang besar) memilih bergabung dengan teman-temannya sendiri dan mencoba berbagai wahana sendiri, sedangkan yang kecil Addien minta ditemani karena dia ingin mencoba berbagai wahana yang menantang.



Wahana pertama yang ingin dicobanya adalah trompolin, itu lompat-lompatan menggunakan tali yang diikatkan ke badan terus diapungkan ke atas berkali-kali. Kemudian wahana bola angkasa yang dicobanya. Untuk kedua permainan ini harga tiketnya sebesar Rp20.000,00 (dua puluh ribu rupiah). Bola angkasa merupakan wahana berbentuk bola dimana dua orang anak duduk di dalam bola dan diikat untuk keamanan, kemudian bola tersebut di putar-putar secara acak sehingga jungkir balik anak yang di ikat di dalamnya.



Selanjutnya, memang Addien memiliki jiwa petualang (seperti bapaknya... xixixixii ..) wahana yang sangat diinginkannya adalah bermain Outbound, terutama dengan flyingfox-nya. Dengan paket yang dipilih buat anak-anak seusianya dan membayar tiket sebesar Rp25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah), Addien pun memulai petualang singkatnya di Sabut Kelapa Outbound ini. Asik katanya dach lama ngak bermain ini lagi, memang terakhir kalo ngak salah dia bermain flyingfox itu sekitar dua tahun yang lalu, tatkala pelepasan TK Al-Kautsar di Rumah Sosis Bandung. Kalau trompolin baru setahun yang lalu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan agenda yang sama yaitu wisata SD juga.

Satu lagi yang diinginkan oleh Addien yaitu naik sepeda tendem, karena lokasi penyewaan sepeda berada di depan dekat dengan tempat informasi, maka kami menuju kesana menggunakan kereta yang disediakan dan memang selalu hilir mudik untuk mengantar dan menjemput para wisatawan. Sesampainya di lokasi penyewaan sepeda, dengan meninggalkan KTP dan membayar sebesar Rp25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah), Aku dan Addien menyusuri kebun-kebun buah dan danau dengan bersepeda ria. Dan tak terasa akhirnya jam 14.00 WIB dimana seluruh siswa dan rombongan untuk berkumpul dan kembali ke lokasi pertama yaitu tempat informasi Mekarsari. Dikira agenda wisata telah berakhir, ternyata agenda dilanjutkan dengan bermain di wahana dekat ruang informasi, dimana wahana ini merupakan wahana permainan anak-anak seperti bom-bom car, ATV, kereta gantung, dan lain sebagainya. Kegiatan ini hingga jam 16.00 WIB, setelah itu segera menuju lahan parkir untuk memasuki bis masing-masing dan berakhirnya petualangan di Mekarsari ini.





0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails