Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Soto Bongko dan Kupat Tahu ala Kota Sumedang




Tiada bosan-bosannya terus berburu kuliner di nusantara ini, aneka menu sepertinya tiada habis di setiap pelosok negeri. Sumedang pun memiliki kuliner yang khas, walau sudah sering menikmatinya tetapi baru kali ini sengaja untuk meliput makanan khas ala Sumedang punya.


Soto Bongko



Hampir di setiap daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa memiliki makanan khas dengan menu soto. Sumedang pun memiliki soto yang khas, diberi nama dengan Soto Bongko. Diberi nama demikian karena bongko artinya gumpalan/bungkusan besar, karena berisi lontong yang diproses dengan bungkusan besar, kadang bisa berdiameter hingga 20 cm. Disajikan dengan menggunakan kuah kari berisi tahu goreng ditambah dengan kecambah dan sambal.


Kupat Tahu



Tiada banyak berbeda dengan kupat tahu yang banyak ditemui di daerah Priangan (Jawa Barat), yang menjadi perbedaan tentunya adalah Tahu khas Sumedang. Disajikan dengan kupat/lontong yang telah dipotong-potong, ditambahkan kecambah dan tahu sumedang, dan disajikan dengan terlebih dahulu disiram dengan bumbu kacang dan kecap.

Dua menu di atas, dapat Anda temukan di seputar penjuru kota Sumedang, seperti Alun-alun Sumedang (seperti yang tampak dalam gambar), area Rumah Sakit Umum Sumedang, atau di Taman Ndog/Pasar Sumedang. Selamat berburu kuliner.


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails