Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Antara RI1 Dan Boomerang


Kabar mengejutkan datang dari grup musik Boomerang. Di balik adem ayemnya kiprah mereka di dunia musik, ternyata mereka telah menyimpan rahasia besar tentang hengkangnya vokalis mereka, Roy Jeconiah.

Roy sendiri hampir dua tahun terakhir telah memendam amanah untuk tidak mempublikasikan keberadaanya di grup band Boomerang. Alhasil, dia pun mengaku sangat lega setelah Farid dan Hendry mengumumkan pengunduran dirinya dari Boomerang di salah satu acara TV Swasta.

Pria 42 tahun tersebut juga sempat mengungkapkan alasan pengunduran dirinya dari band Menurut Roy, Ia sudah tidak bersama Boomerang sejak dua tahun yang lalu, karena ada hal principle yang tidak sejalan lagi.

"Saya udah dua tahun pamit dari Boomerang. Ya karena ada hal-hal sangat principle yang tidak bisa ketemu jalan keluarnya," terang Roy saat ditemui usai mengisi acara Konser Win Mild Rock Reborn Jamrud di Yogjakarta pada Sabtu (7/4) kemarin.

Lebih lanjut, Roy juga menuturkan bahwa dia mau berbicara kepada wartawan lantaran kedua temannya tersebut telah lebih dulu membeberkan pengunduran dirinya melalui media massa. Dengan demikian, dia tidak lagi merasakan beban atas status yang kini disandangnya.

"Saya mau ngomong karena kedua teman saya sudah bicara di Radio Show, 16 Maret kemarin. Ya orang tahu saya keluar baru 16 Maret kemarin aja, " jelas Roy. “Kalau deadline pasti ada lah dari kita untuk menyelesaikan ini,” tutur pemilik nama John Paul Ivan di hotel Equality Yogjakarta (7/04/2012).

Kepergian Roy Jeconiah dan John Paul Ivan, bukan berarti memutuskan tali kekeluargaan begitu saja. Mereka berdua berencana membuat acara Reunion Boomerang Reborn dengan menyatukan kedua personil Boomerang yaitu Hendry dan Farid.

Kepergian Roy Jeconiah dari grup band Boomerang, ternyata sangat menyisakan duka mendalam bagi para Boomers (fans Boomerang). Meski Roy memutuskan untuk hengkang dan Boomerang sempat vakum sejak 2010, namun perkara ini tidak membuat Boomerang untuk tidak eksis di dunia musik, mereka masih tetap siap untuk bermusik lagi.

Namun jika ternyata itikad baik tersebut tidak berhasil, Roy dan Ivan sudah mempersiapkan format untuk melangkah di dunia musik Indonesia lagi. Yaitu membentuk band bernama RI 1.

“Ya selama dua tahun ini, saya juga coba buat single solo karir saya, prosesnya baru sekitar  50 %. Tapi saya pending dulu karena saya lagi ada project juga dengan Ivan. Rencana kalau jadi reunian, nanti itu akan jadi single kita (Boomerang). Kalau nggak ya buat RI 1. Ya,  namanya grup bandnya  RI 1 (Roy Ivan Satu)”, jelas pelantun single hits ‘Cerita Kita‘ dari album kompilasi ajang penciptaan lagu Cilapop 2006.

Sekilas Boomerang.

Boomerang adalah grup musik rock asal Surabaya, yang resmi berdiri pada 8 Mei 1994 dengan nama Lost Angels. Meski demikian mereka telah berkiprah konsisten tampil di jalur rock sejak 1991.

Pengalaman yang sudah mereka kumpulkan antara lain adalah masuk dalam 10 besar terbaik Festival Rock Se-Indonesia ke 7 versi Log Zhelebour pada tahun 1993 dan berhak mendapat kesempatan untuk merekam single pertama mereka "No More" dalam album 10 finalis Festival Rock ke 7 Log Zhelebour.

Pada awal tahun '90-an, Hubert Henry Limahelu a.k.a. 'HH5H' (bass), John Paul Ivan a.k.a. 'JPI' (gitar), Roy Jeconiah Isoka Wurangian (vokal) dan seorang drummer mendirikan sebuah band dengan nama 'Lost Angels', sebuah permainan kata dari nama kota Los Angeles dan sekaligus berarti `Malaikat Tersesat`.

Pada tahun 1994 mereka direkrut oleh perusahaan rekaman Logiss Record. Dan pada bulan Maret - April 1994 dibawah produser Log Zhelebour di studio Nirwana Record, Surabaya, mereka bekerja hampir 18 jam setiap harinya untuk merekam album perdana mereka. Sementara selesai dengan proses rekaman album perdana mereka dan menunggu pembuatan cover kaset, mereka memutuskan untuk mengeluarkan drummer mereka karena tingkah lakunya tidak bisa lagi sejalan dengan idealisme tujuan semula kelompok mereka dan terlalu mementingkan materi pribadi.

Pada 8 Mei 1994 mereka sepakat untuk mengganti nama Lost Angels menjadi Boomerang yang juga menjadi judul album perdana mereka yang dirilis dipasaran pada 1 Juli 1994 dengan single hit `Kasih`. Oleh karena itu pada pembuatan klip `Kasih` di album pertama, mereka hanya tampil bertiga. Untuk mengisi kekosongan posisi drummer pada saat mereka harus melakukan tour dan konser, mereka merekrut Farid Martin yang dikenal mereka dari Mas Tony, Sound Engineer pada album pertama dan kedua Boomerang. Pada tanggal 1 Januari 1995 Farid Martin resmi menjadi anggota tetap Boomerang.

Namun pada pertengahan 2005, didasari "perbedaan prinsip", JPI memilih untuk keluar dari Booomerang dan memutuskan untuk bekerja sendiri. JPI membentuk band supergrup Trio JPI bersama dengan bassis Bondan Prakoso dari Funky Kopral dan Cliff sebagai drummer.

Sebagai pengganti JPI, Boomerang sempat merekrut dua gitaris muda Indonesia, Oi dari Power Metal dan Tommy gitaris asal Riau .Tidak puas dengan performa mereka, Boomerang merekrut salah satu gitaris handal Indonesia Andry Franzzy yang merupakan mantan gitaris Powerslaves pada awal tahun 2006.

Vokalis Roy Jeconiah Hengkang dari Boomerang tahun 2010, Juga di ikuti sang gitaris Andre Franzzy.

Formasi 2012
  • Hubert Henry Limahelu : Bassis + Vokalis
  • Faried Martien Badjeber : Drumer
  • Tommy Marran : Auditioanal Guitar

Diskografi
  1. Boomerang (1994)
  2. K.O. (1995)
  3. Disharmoni (1996)
  4. Hits Maker (1997)
  5. Segitiga (1998)
  6. Hard 'n Heavy (1999)
  7. Best Ballads (1999)
  8. Xtravaganza (2000)
  9. The Greatest Hits of Boomerang (2003)
  10. Terapi Visi (2003)
  11. Urbanoustic (2005)
  12. Suara Jalanan (2009)
  13. Reboisasi (2012)

Diolah dari berbagai sumber: kapanlagi.com, wikipedia.org


2 comments:

Muara Pos mengatakan...

Legkap banget gan... Saya jadi tidak bisa berkomentar banyak. Nice sharing deh...

kunci gitar boomerang jelita mengatakan...

wow mantap gan info nya,bener2 boomers sejati ni.kira2 kapan ya boomerang yang baru ngeluarin album lagi???

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails