Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Pagelaran Bogor Culture Festival 2012


Kota Bogor telah menyelenggarakan Bogor Culture Festival 2012 Seba Kuwerabakti pada tanggal 2 Juni 2012 di Kebun Raya Bogor. BCF 2012 Seba Kuwerabakti merupakan rangkaian kegiatan penyelenggaraan Hari Jadi Bogor ke 530, kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Kota Bogor. Diperkirakan lebih dari 7.000 akan bergabung dalam Karnaval Budaya Seba Kuwerabakti dan lebih dari 100.000 orang menyaksikan kegiatan ini. BCF 2012 Seba Kuwerabakti diliput oleh media massa internasional, nasional dan lokal. Terlihat dalam karnawal diikuti oleh berbagai elemen masyarakat seperti Para Pejabat Kota Bogor yang menaiki delman, komunitas wanita, seni Barongsai dan Liong pun ikut serta, selain itu juga ada komunitas sepeda onthel, sepeda gunung hingga komunitas motor gede pun turut serta. Selain itu, karnaval ini juga dihadiri oleh Putri Pariwisata Indonesia Tahun 2011. Beberapa kegiatan yang merupakan rangkaian dari BCF 2012 Seba Kuwerabakti antara lain; Pameran Ekonomi Kreatif Bogor dan Objek Wisata Bogor, Bogor Travel Kiosk, Karnaval Budaya dan pergelaran Seba Kuwerabakti sebagai puncak acara.

Seba Kuwerabakti merupakan impresi peristiwa pada jaman kerajaan Padjadjaran yaitu pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi (1482 - 1521 M), dimana raja-raja daerah berkunjung ke Purasaba (ibukota kerajaan) dengan membawa kelebihan hasil bumi untuk dipersembahkan kepada raja Padjadjaran, seperti Panggeres Reuma, Anjing Panggerek, Pare Dondang Kapas Timbang. Untuk pertama kali sejak 500 tahun lalu Seba Kuwerabakti digelar kembali dalam sebuah pergelaran seni yang monumental.
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan membuka karnaval dan pagelaran budaya Bogor Culture Festival Seba Kuwerabakti yang digelar dalam rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB) ke-530, di Plaza Balaikota, pada Sabtu (2/6/22). Dalam sambutannya di hadapan ribuan masyarakat Kota Bogor, Ahmad Heryawan mengatakan, acara ini sebuah ekspresi rasa syukur kepada nenek moyang serta evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan dalam rangka membangun Bogor lebih lanjut. Ini menjadi sebuah kebanggaan dapat memperingati HJB bersama masyarakat Bogor. Menurutnya, budaya adalah sebuah wahana universal yang dapat menghubungkan siapa saja tanpa adanya kotak-kotak, semua bersama-sama harmonis membangun keramah tamahan, para seniman berkumpul bersatu padu menyelenggarakan HJB ini. Mudah-mudahan Bogor semakin tertata rapi. Kalau kita kompak, maka semua akan kita capai, orang arab bilang Man Jadda Wa Jadda, siapa yang bersungguh-sungguh dia yang akan berhasil," jelasnya.

Berikut foto-foto yang dapat diabadikan dalam pagelaran karnaval "Bogor Culture Festival 2012":

Kantor Walikota Bogor sebagai pusat pelepasan karnaval

Para Pejabat Kota Bogor beserta Istri


Warga Papua di Bogor berpartisipasi menyemarakkan HUT Bogor

Tidak ketinggalan militer pun berperan serta membawa Liong

Komunitas Tionghoa dengan Barongsainya

Pelepasan peserta karnaval

Polisi Wanita ikut mengamankan acara karnaval

Putri Pariwisata Indonesia 2011 ikut melepas karnaval

Komunitas Sepeda Onthel tidak ketinggalan, ayuuuuk maaaang ....

Arak-arakan Putri Pariwisata Indonesia setelah pelepasan karnaval

Komunitas Moge Bogor berpartisipasi dalam pengawalan

Mejeng dulu di depan acara

Untuk melihat lebih jelas, klik aza fotonya.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails