Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Kurangnya Sosialisasi Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI)

Memasuki hari kedua Rapat Koordinasi dalam rangka Persiapan Penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) Tahun 2012, pembahasan yang menonjol adalah kurang dikenalnya penyelenggaraan PPKI akibat kurangnya sosialisasi penyelenggaraan. Masih banyak masyarakat, bahkan dari Instansi Pemerintah sendiri menanyakan, apa itu PPKI? Dari Kementerian Komunikasi dan Informasi menyampaikan bahwa sosialisasi telah dilaksanakan walau memang menggunakan media TVRI dan RRI serta brosur/leaflet/stiker/baliho, sehingga ini oleh peserta dianggap tidak sampai kepada masyarakat. Rating TVRI dan RRI rendah, sehingga tidak efektif untuk sosialisasi, peserta rapat mengusulkan bahwa sosialisasi dilaksanakan pada media dengan rating tinggi seperti TVOne dan MetroTV. Saran lainnya adalah pelibatan swasta dan EO yang memiliki kualifikasi baik sehingga dapat menjadikan penyelenggaraan ini menjadi ramai pengunjung. Peran Kementerian Kominfo hanya dalam rangka sosialisasi pendahuluan dengan menggunakan anggaran swakelola, titik berat pelaksana sosialisasi ada pada EO.

Salah satu hambatan adalah adanya proses pengadaan/lelang, saat ini sudah bulan Juli 2012, sedangkan penyelenggaraan bulan Oktober 2012. Proses lelang diperkirakan membutuhkan waktu satu bulan, sehingga efektif sosialisasi yang dilaksanakan EO hanya 1 bulan. Oleh karena itu, diharapkan peran serta Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan instansi yang terlibat turut serta dalam sosialisasi PPKI 2012. Selain itu, menggunakan portal resmi PPKI dibuat menarik, sehingga membuat minat orang untuk mengetahui tentang PPKI.

Untuk turut meramaikan PPKI 2012, diharapkan pula seluruh Pemerintah Provinsi dapat mengirim pesertanya, dengan demikian diharapkan selain memunculkan ide-ide dan produk kreatif di daerah, juga ikut menyemarakkan even ini.

Selanjutnya, pada saat penutupan hari ini juga, beberapa kesimpulan diperoleh, antara lain:
  1. Agar PPKI disosialisasikan di daerah masing-masing dan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Badan Kesbangpol, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk keikutsertaan Provinsi dalam ajang PPKI, serta perancangan penyelenggaraan PPKD;
  2. Mensosialisasikan kepada aparatur Pemerintah Daerah, Kementerian, Lembaga Teknis, di pusat dan daerah, agar menyusun atau menganggarkan PPKI/PPKD Tahun 2013;
  3. Perlu adanya Panitia atau Sekretariat Tetap untuk PPKI karena telah menjadi agenda tahunan, sehingga mulai dari perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan evaluasi dilakukan oleh Panitia/Sekretariat Tetap tersebut;
  4. Bidang-bidang dalam PPKI 2012 agar segera berkoordinasi dan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk suksesnya penyelenggaraan PPKI 2012.

Selain itu juga terdapat rekomendasi dari rapat koordinasi ini adalah:
  1. Panitia Nasional agar segera menyusun standar operasional penyelenggaraan PPKI;
  2. Adanya kesepakatan dan kesepahaman bahwa penyelenggaraan PPKI merupakan wujud dari perhatian Pemerintah terhadap masyarakat dan ekonomi kreatif.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails