Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Apem Dan Cuer, Jajanan Khas Banten DI Bulan Ramadhan


Marhaban Yaa Ramadhan ... Dengan datannya sangat disyukurin oleh umat Islam, karena bulan penuh rahmat-Nya. Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat dalam menghadapi bulan Ramadhan dan berbagai tradisi pun dilakukan oleh masyarakat di berbagai daerah sesuai dengan adat istiadat atau kebiasaan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat tersebut.

Di daerah Sunda/Priangan, sehari atau beberapa hari sebelum datangnya bulan Ramadhan ini biasanya dilakukan acara "Munggahan". Berbagai cara dilakukan pada saat munggahan ini, mulai dari mandi bersama, baik di pantai maupun di sungai untuk daerah-daerah pedesaan, untuk daerah perkotaan, acara munggahan berupa makan siang bersama, baik bersama dengan keluarga maupun rekan kantor atau lingkungan dimana berada.

Kemudian, setelah datangnya bulan Ramadhan, yang menjadi ciri khas kembali adalah "keluarnya" berbagai macam jajanan atau makanan khan spesial Ramadhan. Maksudnya adalah, memang makanan khas ini hanya ada dan diproduksi hanya pada bulan Ramadhan sebagai ta'jil berbuka puasa.

Salah satu makanan atau jajanan khas di daerah Banten, khususnya di Serang. Ada namanya jajanan Apem dan Cuer.

  • Cuer. Berbentuk irisan-irisan memanjang antara 3x10 cm dengan ketebalan 2 mm berwarna hijau, terbuat dari dari tepung beras diberi warna daun suji. Disajikan bersama-sama dengan parutan kelapa sedang (tidak tua juga tidak terlalu muda sehingga rasanya manis khas kelapa). Sama seperti ketan bintul, makanan ini juga hanya muncul (diproduksi pada bulan Ramadhan saja). Biasanya mudah diperoleh di lokasi Pasar Lama Serang (Jalan Hasanuddin).

  • Apem. Berbentuk kotak-kotak seperti tahu bandung, terbuat dari tepung beras dan terasa sedikit asam akibat fermentasi, disajikan bersama-sama dengan gula aren atau gula merah yang sudah dicairkan. Apem banyak diproduksi khususnya di wilayah Pandeglang yang terkenal dengan Apem lezatnya.

 Sekarang, Ramadhan sudah lewat, Insya Allah semoga bertemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan. Amien.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails