Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Pulau Panjang, Wisata Alam dan Religi

Kalau sudah masuk ke Pantai Kartini, sepertinya tidaklah lengkap kalau tidak ke Pulau Panjang. Dengan jarak tempuh dekat dan harga terjangkau, sepertinya menjadi destinasi "wajib" untuk menikmati pulau di tengah lautan. Bila di Pantai Kartini tidak terlalu cocok untuk bermain pasir dan mandi di pantai/laut, nah di Pulau Panjang inilah dengan pasir putihnya tentunya keasikan tersendiri.

Dengan membayar Rp. 13.000,- untuk tiket kapal/perahu ke Pulau Panjang dan Pantai Kartini, ini sudah termasuk tiket untuk pulangnya dengan kapal/perahu dari operator yang sama. Ada dua operator kapal, yaitu Sapta Pesona dan Wisata Bahari yang memiliki kapal cukup banyak hilir mudik dari Pantai Kartini - Pulau Panjang, terutama pada hari libur. Tidak ada batas jam saat berada di Pulau Panjang, bisa dari pagi hingga sore hari, biasanya awak kapal akan menyampaikan pesan, untuk waktu pulang bebas asal dengan kapal dari operator yang sama, tiket jangan hilang untuk menunjukkan asal kapal keberangkatan.

Setelah sampai di dermaga Pulau Panjang, akan dikenakan retribusi memasuki kawasan wisata sebesar Rp. 5.000,- per orang.


Tentang Pulau Panjang
Sumber : TIC Jepara

Pulau ini terdapat di sebelah barat Obyek Wisata Pantai Kartini berjarak 1,5 mil laut (2,5 km). Lokasi seluas + 19 hektare ini dapat ditempuh dengan kapal wisata 10 menit dari dermaga wisata Pantai Kartini.

Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang sehingga pantainya berpasir putih. Air laut di sebelah selatan dan barat cukup jernih dan tidak berarus, sehingga cocok untuk mandi laut, snorkeling, dan bermain kano.

Di sepanjang pantai terdapat pohon peneduh dengan akarnya yang menjurai ke laut sangat indah untuk dinikmati. Ditambah dengan suasananya yang tenang cukup menyejukkan hati setiap pengunjung.

Bagian tengah pulau merupakan struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak. Pepohonan yang mendominasi adalah : randu, asem jawa, dadap, bahkan di sebelah timur banyak pohon pinus yang umurnya ratusan tahun.

Makam Syeikh Abu Bakar seorang tokoh ulama Jepara terdapat di sebelah barat pulau. Tempat ini dilengkapi dengan pendopo, masjid, sarana MCK, cafeteria, bahkan ada air barokah yang dipercaya sebagian orang dapat memberikan manfaat, baik kesehatan maupun keselamatan. Setiap tahun sekurang-kurangnya 4 kali diadakan peringatan (khoul) sehingga pada waktu-waktu tersebut Pulau Panjang dipenuhi para peziarah dan puncak peringatan diadakan bulan Syuro (Muharam).

Suasana Di Kapal Saat Menuju Pulau Panjang

Dermaga Pulau Panjang

Baliho Selamat Datang

 Pulau Panjang dengan pasir putihnya

 Jalur tracking Pulau Panjang


Lingkungan Makam Syech Abu Bakar

Air Barokah



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails