Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Metallica, Live in Jakarta 2013 : Mengenang Masa-Masa Lalu

Sudah banyak tulisan yang memberitakan hebatnya konser Metallica tahun ini (25/8/2013). Aku pun sangat puas setelah bertahun-tahun sudah tidak mendengarkan lagi lagu-lagu Metallica, maklum karena faktor usia juga.

Dengan kehadiran Metallica di Jakarta, mengingatkan lagi masa-masa sekolah (SMA) dimana masa-masa itulah sedang senang-senangnya mendengarkan dan berkoleksi lagu-lagu metal/rock. Terutama Metallica menjadi grup band terfavorit, kemudian Sepultura setelah itu.

Saat konser Sepultura, kalo tidak salah bulan Juni 1992, berlokasi di Gelora 10 November Surabaya, aku bersama teman-teman sekampung sempat melihat kehebatan Sepultura secara live. Namun pada saat Metallica tampil di Jakarta setahun berikutnya, April 1993 aku tidak bisa memburunya karena sudah harus masuk "karantina" perkuliahan.

Nach, ditahun 2013 ini Metallica datang kembali setelah 20 tahun kedatangannya. Awalnya penuh kegalauan apakah ikut berjingkrak-jingkrak ke Senayan, atau hanya duduk manis mendengarkan berita tentang konser tersebut di rumah.

Tapi memang nasib lagi baik, kebetulan tanggal 25 s.d. 27 Agustus mendapat undangan untuk menghadiri Rapat Koordinasi di Jakarta dalam rangka tugas dari kantor, kesempatan dan kebulatan tekat untuk ke Senayan semakin besar. Karena melihat jadwal Rakor untuk tanggal 25 hanya check-in hotel saja, acaranya sendiri pada hari Senin pagi.

Singkat cerita, aku sudah memegang tiket "Metallica : Live in Jakarta" dari tiket box senilai Rp. 746.000,- (plus pajak) untuk kelas Festival, tertera dalam tiket sebesar Rp. 680.000,- (belum termasuk pajak). Sengaja aku memilih kelas festival biar seru di depan panggung, bukan di kelas VIP atau VVIP yang tentunya muaahaal tiketnya, tetapi karena jauh dari panggung, ngak seru. Dan keseruan pun dimulai dengan hunting foto-foto dan kaos "Metallica" sebagai kenang-kenangan.

Jam 15.30 WIB para "motorheads" sudah nongkrong di depan pintu masuk stadiun untuk mengantri, padahal direncanakan pintu baru dibuka jam 17.00 WIB. Yach untuk membunuh waktu karena aku sendirian, mencari teman ngobrol sesama "motorheads" sambil ikut duduk-duduk mengantri di pintu masuk tersebut. Memang kedatangan Metallica sangat ditunggu-tunggu oleh Motorheads Indonesia, aku sempat mengobrol orang-orang yang datang dari Surabaya, Malang, Yogyakarta. Mereka kebanyakan sudah datang di Senayan dari pagi dan siang hari.

Para "Motorheads" sudah mulai gelisah tatkala jam sudah 17.00 WIB belum juga dibuka, tapi panitia tiada henti-hentinya menyampaikan untuk tenang dan bersabar. Akhirnya jam 17.15 WIB gerbang pun di buka, dan lapangan stadion pun mulai dipenuhi oleh orang-orang berbaju atau berkaos hitam-hitam.

Singkat cerita, jam 19.00 WIB band pembuka "Seringai" membawakan 6 (enam) lagu hingga jam 19.30 WIB. Ohya, sebelum penampilan Seringai, para Motorheads diajak bersama-sama untuk menyanyikan Lagu Kebangsaan "Indoensia Raya" dipimpin oleh penyanyi Raisa. Kemudian break untuk mempersiapkan penampilan Metallica. Ternyata 30 menit sesuai jadwal 20.00 WIB Metallica sudah harus tampil tidak cukup untuk menyiapkan alat-alat dan sound musik.

Akhirnya yang dinantikan pun tiba, Metallica langsung menggebrak dengan 3 (tiga) lagu sekaligus. Berita untuk konsernya sendiri silahkan searching azaa yaa .. Berikut lagu-lagu yang dibawakan Metallica di Jakarta:

  1. Hit the Lights
  2. Master of Puppets
  3. Fuel
  4. Ride the Lightning
  5. Fade To Black
  6. The Four Horsemen
  7. Cyanide
  8. Welcome Home (Sanitarium)
  9. Sad But True
  10. Orion
  11. One
  12. For Whom the Bell Tolls
  13. Blackened
  14. Nothing Else Matters
  15. Enter Sandman
  16. Creeping Death
  17. Fight Fire with Fire
  18. Seek and Destroy

Untuk mengabadikan moment konser tersebut, aku pun merekam lewat ponsel beberapa lagu, yaitu:

2. One

Selain ini berikut foto-foto pengabadian "Metallica, Live in Jakarta" aku ...
















































0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails