Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

LAUNCHING CALENDAR OF EVENT BANTEN 2015

Kementerian Pariwisata mendukung dan menyambut baik penyelenggaraan Launching Calender of Event Banten 2015, sebagai wujud dari komitmen Provinsi Banten dalam pengembangan kebudayaan dan kepariwisataan. Merupakan momentum yang sangat penting dalam rangka pencitraan negara Indonesia dan khususnya Provinsi Banten di bidang kepariwisataan.


Calender of Event Banten merupakan jendela promosi karya budaya dan pariwisata Provinsi Banten bagi para wisatawan sekaligus sebuah landmark sinergi yang kokoh dari Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, pelaku industri, pelaku budaya, pemerhati kebudayaan dan pariwisata, pemangku kepentingan, masyarakat serta seluruh media massa yang merupakan landasan kesuksesan dalam rangka memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata Banten di masyarakat luas serta mendorong terbentuknya citra produk unggulan di pasar baik domestik maupun mancanegara.

“Banten sebagai salah satu provinsi yang sarat dengan sumber daya pariwisata dan khasanah budaya memiliki peluang besar sebagai destinasi pariwisata unggulan dan favorit bagi wisatawan mancenegara maupun wisatawan domestik,” kata Menteri Pariwisata, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc pada Launching Calender of Event Banten 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Kamis (11/12).

Ditambahkannya oleh Menteri Pariwisata,  bahwa Banten harus gencar mempromosikan produk-produk pariwisata agar menjadi bagian branding Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia, sehingga terkenal ke seluruh penjuru dunia. Dengan demikian, cita-cita agar Banten semakin dikenal dan berkembang pada sektor pariwisata dan kebudayaan pun dapat terwujud seiring dengan meningkatnya minat kunjungan wisatawan.


Kementerian Pariwisata dalam membangun daya tarik wisata dengan penekanannya kepada 3 (tiga) kelompok,  yaitu pertama Nature (Wisata Alam), seperti : wisata bahari, ekologi, wisata petualangan, yang kedua Culture (Wisata Budaya) seperti : wisata heritage dan religi, wisata kuliner dan belanja, wisata kota dan desa, sedangkan yang ketiga adalah Manmade (Wisata Hasil Buatan Manusia) seperti : wisata MICE dan event, wisata olahraga dan wisata kawasan terpadu (integrated resort).

Dalam rangka pengembangan kepariwisataan dengan peningkatan promosi sebagai hal yang prioritas, agar pariwisata Indonesia lebih dikenal luas melalui ketiga hal tersebut di atas, yaitu : Nature, Culture dan Manmade (hospitality).

Menurut Plt. Gubernur Banten, Rano Karno bahwa Banten sebagai salah satu Provinsi yang strategis memiliki letak geografis berbatasan langsung dengan Ibu Kota Negara serta sebagai pintu gerbang arus lalulintas Pulau Jawa dan Sumatera, berpeluang meraup pasar potensial. “Dengan mengkolaborasi keragaman potensi serta pengemasan berbagai event unggulan merupakan strategi promosi inovatif yang akan menciptakan peluang-peluang pengembangan serta mendorong kreatifitas budaya di masyarakat” tambah Rano Karno.

Beberapa alasan yang merupakan keunggulan dari acara ini antara lain sebagai wadah promosi efektif dan efisien karena market fasilitasi pasar utama yang variatif, venue yang representative serta timing pemilihan waktu di akhir tahun yang prospektif baik bai promosi year end sale juga program sepanjang tahun 2015, sehingga tepat apabila dikatakan sebagai promosi low budget high impact, media publication didukung untuk meliput dan mempublikasikan moment ini.

Pemerintah maupun industry tentu sangat tepat untuk memanfaatkan acara ini dalam mengkomunikasikan pesan produk serta penguatan citra brand awareness kepada sasaran pasar. Melalui seluruh sekuen promosi yang tersedia diharapkan seluruh pelaku dapat berekspresi mengemas informasi produknya dengan memberikan experience penggunaan produk, interaksi produk dengan sasaran pasar serta terbentuk persepsi positif terhadap produk yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Menurut data Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA), dari 526 objek dan daya tarik wisata dan baru sekitar 10 persen yang telah dikembangkan. BPS dalam Neraca Satelit Pariwisata Daerah 2012, mencatat sekitar 7 juta wisatawan domestic serta 20 ribu wisatawan mancanegara berwisata di Banten.


Adapun event-event pariwisata yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 adalah :
  1. Festival Film Indonesia tahun 2015;
  2. Seba Baduy;
  3. Banten Beach Festival;
  4. Gebyar Wisata Banten;
  5. Banten Beach Festival;
  6. Ci Sungsang;
  7. Festival Cisadane;
  8. Festival Panjang Mulud;
  9. Festival Kuliner;
  10. Lomba Foto Pariwisata;
  11. Offroad Adventure
Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi perhatian dunia nasional dan  internasional, karena melibatkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota Banten serta seluruh pemangku kepentingan kebudayaan dan pariwisata.

Tetapi sayang, kalender ini tidak rinci hingga kepada tanggal pelaksanaannya. Untuk melihat lebih jelas kalender tersebut dapat diklik pada link di bawah ini :
CALENDAR OF EVENT BANTEN 2015

Sumber : bantenculturetourism.com

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails