Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Kementerian Kominfo Mengadakan Pemilihan Duta Internet CAKAP 2015


  • Pendaftaran Calon Duta Internet CAKAP 2015 : 16 Maret hingga 14 Juni 2015;
  • Seleksi : 15 Juni hingga 12 Juli 2015 (untuk memilih Finalis Duta Internet CAKAP yang berhak mengikuti Bootcamp yang diselenggarakan selama 3 hari pada awal Agustus 2015).


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat pesat, khususnya internet, membawa banyak manfaat dalam kehidupan masyarakat. Internet dianggap memberikan nilai tambah bagi perekonomian, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat. Pada umumnya pengguna internet memanfaatkan layanan yang ada di internet seperti search engine, e-mail, dan chatting. Kehadiran portal berita dan media sosial tak luput menjadi daya tarik bagi pengguna internet.  

Di Indonesia, generasi muda dikenal sebagai heavy user, yaitu generasi yang paling banyak menggunakan internet dan paling sering menghabiskan waktu dengan internet. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Youtube, Instagram dan lainnya diketahui banyak diakses oleh generasi muda Indonesia. Tentunya hal tersebut dapat berdampak positif apabila digunakan untuk hal-hal yang positif dan bertanggung jawab. Namun, layaknya pisau yang bermata dua, internet juga dapat memberikan dampak negatif apabila digunakan untuk aktifitas seperti cyber bullying, porn, cyber stalking, cyber gambling, phising, dan sebagainya. Hal inilah yang perlu diwaspadai oleh orang tua, guru, masyarakat, dan pemerintah.

Untuk menciptakan iklim internet yang lebih positif, diperlukan sosok generasi muda yang menggunakan Internet dengan cerdas, kreatif, dan produktif sehingga dapat menularkannya di lingkungan sekitarnya serta masyarakat luas. Oleh karena itu, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan stakeholder dibidang pemberdayaan TIK mengadakan pemilihan Duta Internet CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) 2015 untuk mencari sosok generasi muda yang dapat memberikan pemahaman dan mempercepat getok tular penggunaan internet secara cerdas, kreatif, dan produktif di kalangan generasi muda.

Pendaftaran Calon Duta Internet CAKAP 2015 dapat dilakukan mulai tanggal 16 Maret hingga 14 Juni 2015. Seleksi dilakukan pada 15 Juni hingga 12 Juli 2015 untuk memilih Finalis Duta Internet CAKAP yang berhak mengikuti Bootcamp yang diselenggarakan selama 3 hari pada awal Agustus 2015.

Pada Bootcamp, para Finalis Duta Internet CAKAP akan mengikuti seminar dan workshop mengenai :
  1. Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif;
  2. Pemanfaatan Internet dan Cyber Ethics;
  3. Cyber Crime & Cyber Law;
  4. Jurnalistik Streaming Radio/Televisi;
  5. Teknik Berkomunikasi;
  6. Teknik Presentasi.


Setelah tahapan bootcamp, para finalis dengan gelar Duta Internet Cakap akan kembali ke daerah masing-masing untuk mempraktekkan pengetahuan dan wawasan yang didapat selama Bootcamp dalam kegiatan sosialisasi pemanfaatan Internet dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif. Para finalis akan diberikan waktu lebih kurang 1 bulan untuk melakukan kegiatan sosialisasi, setelahnya akan dilakukan penilaian terhadap kegiatan apa saja yang sudah dilakukan selama tahapan sosialisasi  untuk menentukan siapa yang terpilih menjadi  Duta Internet CAKAP  Tingkat Nasional 2015.

Pada masa mendatang para Finalis Duta Internet CAKAP 2015 dan  Duta Internet CAKAP Tingkat Nasional 2015, selain mejalankan tugasnya secara mandiri, juga akan dilibatkan dalam kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diselenggarakan di daerah asal Duta Internet CAKAP dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kapasitas Masyarakat dibidang TIK.

Info selengkapnya dapat dilihat disini.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails