Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Fam Trip @DiengPlateu

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20°C di siang hari dan 6-10°C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0°C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Secara administrasi, Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng ("Dieng Wetan"), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah.

Perjalanan ke Wonosobo ini dalam rangka Reuni 20 Tahun Mengabdi bagi Purna Praja STPDN Angkatan 04 (1992-1995), tentunya kesempatan ini dimanfaatkan juga untuk berwisata ke Dataran Tinggi Dieng atau dikenal juga dengan Dieng Plateu.

Perjalanan dari Jakarta tanggal 9 Oktober 2015 siang menuju Dieng cukup melelahkan, untuknya sudah ada Jalan Tol Cipali sehingga lebih cepat, selepas dari Pejagan belok ke kiri lewat Purwokerja - Banjarnegara - Wonosobo. Malam hari sekitar jam 21.00 WIB kami tiba di Hotel Surya Asia di kota Wonosobo untuk menginap.



Berhubung acara reuninya malam hari, dari siang hari ke sore hari dimanfaatkan untuk berwisata ke obyek-obyek sekitar Dieng Plateu.









1 comments:

singgih zapplerepair mengatakan...

Bingung lagi di bandung mau tidur dimana? Punya budget pas pasan? Budget tipis tapi pengen yang top solusinya ZBACKPACKER HOSTEL dengan layanan yang bagus range harga yang terjangkau, langsung cek aja HOSTEL DENGAN HARGA TERJANGKAU

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails