Home | Raddien Pelangi Blog | Wirapati Blog | blogger.com

Jogja Yang Luar Biasa!!!

Kehebohan aksi penyerangan rumah ibadah di Jogja tidak menyurutkan orang untuk berkunjung ke Jogja. Provinsi dengan penuh pesona, penuh atraksi, Jogja yang luar biasa. Sebagai daerah wisata dengan tingkat kunjungan yang tetap tinggi, Jogja selalu dipenuhi dengan berbagai atraksi hiburan untuk memanjakan pengunjungnya. Selain dikaruniai dengan keindahan alam, pesona wisata budaya dan berbagai peninggalan sejarah memenuhi ruang-ruang diseluruh Jogja. Berbagai inovasi dan kreatifitas masyarakatnya memberikan selalu ada yang baru dan menjadi magnit pelancong untuk berkunjung ke Jogja, lagi dan lagi.

Tahun 2017, tepatnya pada tanggal 21 September 2017, bertiga berpetualang kembali ke kota penuh kenangan. Jogja atau Yogyakarta atau Jogjakarta, apa saja lah sebutannya, yang penting Jogja ... Jogja ... Jogja ... !!!

Setiap kali ke Jogja, selalu nyaman dengan membawa kendaraan sendiri sehingga dengan bebas berkunjung kemana saja, berpetualang dengan alam Jogja yang penuh pesona. Melewati jalur Pantura  Tol Cipali dan diteruskan jalur tengah Purwokerto serta menyusuri jalur selatan Jawa.

Beberapa obyek wisata kami kunjungi, pada kesempatan ini baru dua tempat wisata baru di Jogja, yaitu Tebing Breksi dan Puncak Becici.

Tebing Breksi
Tebing Breksi merupakan area bekas penambangan batu/pasir masyarakat, saat ini telah ditutup oleh pemerintah daerah dan dijadikan wisata alam. Baru diresmikan pada tanggal 30 Mei 2015, sudah mengundang begitu banyak wisatawan lokal maupun dari luar Jogja. Dengan penataan yang bagus, pemisahan area parkir kendaraan, oleh-oleh dan pusat jajanan menjadikan daerah ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Tempat ini menjadi wahana untuk berburu sunrise dan sunset serta dipercantik dengan berbagai ornamen pahatan pada tebing serta spot-spot fotografi lainnya.

 





Puncak Becici
Puncak Becici menjadi terkenal setelah dikunjungi oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama beberapa waktu lalu. Puncak Becici berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul atau 30 Km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa melewati jalur Yogyakarta-Wonosari. Namun, pastikan kendaraan prima. Karena jalan yang harus dilalui naik turun dan berkelok menjadi tantangan dan keasikan sendiri.

Puncak Becici memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan hawa yang sejuk. Pada sore hari, pengunjung bisa menikmati sunset. Dari sini pula, pengunjung bisa melihat kecantikan Candi Prambanan bagian utara serta indahnya pantai selatan. Di area ini pula sangat banyak dibangun spot-spot fotografi, atau lebih dikenal dengan istilah instagramable.


Keunikan dari kedua objek diatas adalah, selain tarif masuk dan parkir yang murah, kedua objek diatas dikelola oleh masyarakat desa sendiri melalui BUMDes atau kelompok masyarakat. Hal ini tentunya sebagai wujud pemberdayaan masyarakat oleh Pemerintah Daerah setempat dalam rangka menunjang perekonomian dan kemajuan daerahnya. Perlu dicontoh, Pemerintah Daerah dapat memberikan fasilitas seperti jalur akses (infrastruktur) jalan yang bagus dan memadai, sehingga pengunjung dapat mudah menjangkaunya, selain itu juga dapat membangun berbagai sarana prasarana penunjang wisata lainnya, seperti mushola dan toilet umum.

Dua objek baru wisata membuat daftar panjang objek wisata yang harus dikunjungi, dan hampir tiap tahun selalu ada/muncul objek baru. Hal ini tentunya membuat Jogja tidak pernah sepi dari pengunjung. Selain menjadi kota pendidikan dengan bertaburnya para mahasiswa dari seluruh pelosok negeri, Jogja selalu membuat orang kangen untuk kembali dan kembali lagi. Hayu ke Jogja!

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails