Telor Asin Pangon Cah Angon, Pilihan Tepat Oleh-Oleh Brebes


Setiap pembangunan selalu saja ada yang terdampak, baik positif maupun negatif. Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa tentunya berdampak positif terhadap konektivitas antar daerah di Pulau Jawa, tetapi memiliki dampak negatif bagi perekonomian, khususnya UMKM, pada sektor rumah makan, oleh-oleh, kerajinan dan sejenisnya.

Sebelum keberadaan jalan tol, lalu lintas jalan alteri di daerah-daerah Pantai Utara Jawa dan Jalur Selatan sangat ramai, apalagi pada musim mudik. Tumbuh pusat-pusat jajanan, kuliner, dan oleh-oleh di setiap daerah yang dilalui oleh jalur pemudik dan angkutan umum lainnya, termasuk angkutan barang oleh truk-truk kecil hingga besar.

Saat ini, efek dari keberadaan jalan tol sudah banyak rumah makan tutup. Lihat saja jalur jalan alteri Purwakarta yang menghubungkan Cikampek hingga Bandung, dulu sangat ramai akan rumah makan atau restoran, dari skala kecil hingga besar. Saat ini sepi dan meninggalkan banyak bangunan bekas rumah makan teronggok begitu saja.

Brebes, salah satu daerah lalu lintas padat yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah memiliki kekhasan oleh-olehnya, yaitu telor asin. Sering kali bila melewati kota ini, akan mampir untuk beristirahat melepas lelah dan menunaikan sholat. Alun-alun Brebes menjadi tempat pilihan pemberhentian tersebut, selain banyak jajanan kuliner, juga bisa membeli oleh-oleh telor asin.

Saat ini, kota Brebes sedikit berkurang kesibukan lalu lintasnya. Keberadaan jalan tol Trans Jawa membuat para pengemudi dan pelintas tidak mampir lagi ke kota ini. Kesepian pun dialami oleh para penjaja kuliner dan oleh-oleh.

Kangen akan suasana kota Brebes, bertahun-tahun melewati kota tersebut bila mudik, Saya pun keluar dari jalur jalan tol untuk memasuki kota Brebes pada akhir tahun 2018. Tujuannya selain melintas saja, adalah mencari oleh-oleh. 

Telor Asin Pangon Cah Angon incarannya, cuma satu pilihan favorit jenis telor asinnya, Telor Asin Panggang. Telor asin yang telah jadi kemudian di panggang beberapa waktu hingga mengeluarkan "madu", sangat nikmat dimakan begitu saja atau menjadi teman nasi.

Bagi para pelancong, pelintas, dan pemudik, sempatkanlah anda untuk keluar jalan tol. Walaupun terdapat rest area tetapi mereka yang berada di luar jalur jalan tol mengharapkan tetap tumbuh. Belilah sedikit oleh-oleh, baik bagi diri sendiri, keluarga atau kerabat, hal ini sedikit banyak memberikan pendapatan ekonomi bagi mereka, para UKM.
Telor Asin Pangon Cah Angon, Pilihan Tepat Oleh-Oleh Brebes Telor Asin Pangon Cah Angon, Pilihan Tepat Oleh-Oleh Brebes Reviewed by Massaputro Delly TP. on Maret 29, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.