Gedung Marba dan Kota Lama Semarang? Cantik!

Kota Lama Semarang kini tengah total berbenah menuju detinasi andalan wisata sejarah Kota Semarang. Berbagai gedung peninggalan kolonial terus dilakukan revitalisasi sehingga tampak cantik, gagah dan anggun. Tidak hanya gedung-gedung lama di rehab, sarana dan prasarana pendukung lainnya pun terus dimajukan. Keberadaan beberapa kafe dan taman Srigunting menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke sani.

Maka, tak dilewatkan begitu saja saya dan keluarga untuk berhenti disini (05/06/2019). Gedung Marba menjadi salah satu icon berfoto. Gedung Marba letaknya tepat di depan Taman Srigunting. Arsitekturnya unik dan sangat Belanda. 

Gedung Marba di ketahui di bangun pada abad ke XIX, yang memiliki 2 lantai bangunan. Tebal dinding dari bangunan ini kurang lebih 20 cm. Bangunan ini di bangun dengan di prakarsai oleh Marta Badjunet, yaitu seorang warga negara Yaman. Marta Badjunet adalah seorang saudagar kaya pada jaman itu. Kemudian untuk mengenang jasanya bangunan kuno ini di namai dari singkatan namanya yang di sebut “Marba”. 

Dulunya gedung ini di fungsikan sebagai kantor usaha pelayaran, Ekspedisi Muatan Kapal Laut/EMKL. 

Gedung Marba memiliki model bangunan yang berbeda dari bangunan peninggalan Belanda lainnya. Gedung Marba cenderung eksotis, dan kontur bangunannya masih belum begitu rusak.

Banyaknya wisatawan berkunjung, tak disia-siakan oleh para pencari rezeki. Bermodalkan sepeda dan keranjang berisi kembang sintesis, jadilah sarana berfoto. Jangan ragu untuk menggunakan jasa mereka, biaya pun sukarela, tidak di patok oleh mereka, dan yang lebih asik lagi, mereka lihat untuk menggambilkan gambar para wisatawan.


Sumber info Gedung Marba: situsbudaya.id
Gedung Marba dan Kota Lama Semarang? Cantik! Gedung Marba dan Kota Lama Semarang? Cantik! Reviewed by Massaputro Delly TP. on Juni 10, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.