Lebaran 2020: Selamat Datang "New Normal"!


Lebaran tahun ini memang beda!

Ya, ditengah-tengah mewabahnya pandemi virus corona, umat Islam seluruh dunia merayakan hari kemenangan. Idul Fitri 1441 H atau 2020 Masehi menjadi catatan sejarah umat manusia. Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB tetap diterapkan oleh pemerintah menjelang dan saat Idul Fitri. Larangan mudik, dianjurkan untuk tidak melaksanakan sholat ied di masjid dan lapangan menjadi prosedur dalam jaga jarak.

Ada beberapa catatan bagi saya berrkaitan dengan lebaran tahun ini, yang menjadikan berbeda bagi saya dan keluarga saya.


Pertama, ini adalah lebaran pertama sepeninggal bapak yang telah mendahului kami kembali ke sisi Allah SWT. Ini menjadikan lebaran tanpa sosok seorang bapak dan kakek bagi kami. Semoga Allah SWT menerima amal ibadahnya. Amin Ya Rabbalalamin.

Kedua, direncanakan dari akhir tahun 2019 bahwa lebaran tahun 2020 keluarga saya di Jawa akan berlebaran di Banten, di rumah kediaman saya. Ya, karena saat ini sepeninggal bapak, ibu saya tinggal bersama saya di Banten. Oleh karena itu, saudara-saudara akan ke sini, berlebaran ke sini. Tetapi Allah berkehendak lain. Wabah pandemi virus corona menerjang dunia, memaksa saya, keluarga dan kita untuk tetap di rumah masing-masing. Stay home!

Ketiga, bila sebelumnya silaturahim dilaksanakan secara langsung door to door, mendatangi dan berkumpul. Lebaran tahun ini sesuai anjuran Pemerintah dan protokol kesehatan maka silaturahim dilakukan dengan video conference. Penggunaan media sosial pun dimaksimalkan untuk saling ucap maaf. Bila dengan keluarga diutamakan menggunakan vidcon untuk memaksimalkan silaturahim.


Keempat, untuk pertama kali dalam hidup sebagai muslimin, menjadi imam sholat ied. Ya, sedari kecil hingga tahun kemarin, melaksanakan sholat ied di masjid atau lapangan. Sudah menjadi budaya pagi-pagi menjelang sholat ied menggunakan pakaian terbaik dan menuju tempat sholat dengan keluarga dengan keceriaan. Membawa sajadan dan koran bekas menjadi tradisi saal sholat, tahun ini tidak. Sholat ied di rumah dan menjadikan saya imam sholat ied.

Selamat datang "New Normal"!
Lebaran 2020: Selamat Datang "New Normal"! Lebaran 2020: Selamat Datang "New Normal"! Reviewed by Massaputro Delly TP. on Mei 25, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.