Indahnya Wisata Alam Gunung Pinang Kramatwatu Serang


Tidak jauh dari ibukota Provinsi Banten Kota Serang, tepatnya di Kecamatan Kramawatu terdapat wisata alam Gunung Pinang. Berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Kota Serang. Merupakan kawasan lindung yang dikelola oleh Perhutani KPH Banten, dimana pada puncaknya terdapat repeater HT dan menara BTS. Telah ditata menjadi kawasan wisata untuk keluarga dan pesepeda gunung (MTB) dengan anjungan instagramable.

Spot-spot foto merupakan pemandangan dari ketinggian, sangat indah. Lebih cocok dinikmati pada sore hari sehingga foto yang dihasilkan tidak akan backlight shot. Selain itu, tersedia pula saung untuk beristirahat para wisatawan.


Akses menuju kawasan wisata sangat mudah dijangkau karena berada di Jalan Raya Serang Cilegon. Bila dari jalan tol, dapat keluar di Pintu Tol Serang Barat menuju Kota Cilegon, atau keluar Pintu Tol Cilegon Timur menuju Kota Serang. Gunung Pinang merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Puncaknya berketinggian 300 mdpl.

Selain buat keluarga, Gunung Pinang dijadikan track bagi para goweser. Mencoba ketinggian gunung dengan jalan menanjak cukup menguras energi, mengayuh sepeda dimulai dari pintu gerbang kawasan. Jarak tidak terlalu jauh, hanya sekitar 2 kilometer, namun tanjakannya membutuhkan tenaga ekstra untuk terus tetap di atas sepeda.

Selain itu, banyak juga pencinta sepeda gunung menikmati kawasan wisata ini dengan cara downhill, meluncur dari ketinggian gunung hingga kaki gunung dengan bersepeda. Sepeda diangkut menggunakan kendaraan roda empat, disebut dengan loading, kemudian turun gunung dengan bersepeda. Track downhill berada di sisi kanan dan kiri jalan melewati pepohonan. 

Track downhill Gunung Pinang pernah digunakan sebagai ajang International Downhill Championship 2009. Gunung Pinang juga memiliki sirkuit offroad yang merupakan salah satu sirkuit offroad terbaik di tanah air. Pernah digelar Kejuaraan Nasional 4×4 Real Adventure di sirkuit ini pada tahun 2011, diikuti oleh 22 tim off-roader dari seluruh Indonesia.


Tiket masuk dikenakan Rp10 ribu, namun untuk menikmati spot-spot foto akan dikenakan biaya kembali. Besaran biaya tergantung dari spot atau wahana, kisaran Rp10 ribu hingga Rp20 ribu. Wahana yang tersedia berupa Ayunan GP, Flying Bike, Taman Langit, Jembatan Cinta, Track Sepeda Downhill, dan Air Soft Gun. Untuk roda dua (motor) dikenakan tarif Rp5 ribu, roda empat Rp8 ribu, dan khusus sepeda Rp20 ribu. Adanya juga tarif sebesar Rp200 ribu bagi pasangan yang akan melaksanakan pre wedding. Kawasan wisata dibuka dari jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Mau uji kemampuan bersepeda di tanjakan atau downhill? Di sini tempatnya!



Indahnya Wisata Alam Gunung Pinang Kramatwatu Serang Indahnya Wisata Alam Gunung Pinang Kramatwatu Serang Reviewed by Massaputro Delly TP. on Sabtu, Oktober 03, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
close